Agar Belanja Bulanan Anda Jadi Rekreasi

By on Sep 26, 2014
Belanja Bulanan

“Holee belanja bulanaaan…” teriak si kecil sambil melompat kegirangan. Sebagai orang tua, melihat anak senang adalah kebahagiaan tersendiri bukan? Tentu kita akan turut senang melihat reaksi si kecil yang gembira saat mendengar rencana keluarga untuk belanja bulanan. Yang terbayang olehnya adalah rekreasi yang menyenangkan, bukan sibuk sendirinya sang ibu berkeliling mal berjam-jam sementara sang ayah dengan wajah lelah dan tak bersemangat mengikuti setiap langkah ibu.

Belanja bulanan sudah menjadi rutinitas masyarakat perkotaan. Setiap sebulan sekali, sahabat politan tentu akan mengunjungi mal untuk membeli kebutuhan rumah selama sebulan. Untuk yang sudah berkeluarga, apa yang terbayang saat belanja bulanan? Rekreasi keluarga kah, atau potensi pertengkaran karena sang istri menemukan hobinya sementara sang suami bete dengan istri yang berlama-lama belanja?

Harusnya semua anggota keluarga ceria saat belanja bulanan. Berikut ini tips untuk keluarga politan agar belanja bulanan seceria rekreasi keluarga:

1. Sempatkan wisata kuliner

Biasanya supermarket di dalam mal hanya ada satu. Tapi gerai makanan bisa bejibun. Sempatkanlah saat berada di mal untuk mengunjungi gerai makanan yang ada di sana. Yakinlah belanja bulanan menjadi yang sangat dinanti bagi anggota keluarga, karena ada acara makan-makannya.

Tapi tidak harus juga makan di gerai makanan yang ada di mal tempat anda belanja. Boleh saja anda mengunjungi restoran di tempat lain, sebelum datang ke mal tempat belanja bulanan.

Jangan lupa, diskusikan selalu dengan anggota keluarga tempat makan mana yang akan dikunjungi sebelum beranjak dari rumah. Kalau mau, usulan tempat makan digilir ke tiap anggota keluarga tiap bulan. Agar aspirasi semua anggota keluarga terserap.

2. Beri kesempatan balita anda bermain di playground

Tempat bermain untuk balita sudah banyak dijumpai di mal-mal di kota besar. Bila anda berbelanja bulanan bersama balita, bermainlah bersamanya di playground. Dan waktu belanja bulanan pun menjadi berkwalitas.

3. Jangan berlama-lama memilih belanjaan

Biasanya pihak ibu/istri yang menjadi kapten saat belanja bulanan. Hobi bertemu kebutuhan. Dan bila sedang asyik menemui hobinya, sang ibu/istri bisa berlama-lama terutama saat memilih belanjaan. Beda harga seribu rupiah pun dipertimbangkannya.

Untuk ibu/istri, tenggang rasalah dengan anak atau suami anda. Jangan jadikan belanja bulanan menjadi hal yang membosankan karena sang ibu/istri keasyikan sendiri.

Buat daftar belanjaan sejak dari rumah, sehingga belanja anda fokus. Atau, manfaatkan brosur promo yang dikeluarkan oleh supermarket tempat anda belanja. Mungkin sebelum anda belanja, anda mengambil brosur promo dulu, lalu mendiskusikannya dengan pasangan saat wisata kuliner. Belanja anda pun menjadi terarah.

4. Bawa pulang oleh-oleh

Kalau cuma belanja kebutuhan bulanan, rasanya agak hambar. Tapi kalau ada yang dibawa pulang ke rumah berupa mainan untuk anak, atau dompet buat suami, atau baju buat istri, rasanya belanja bulanan akan berkesan saat sampai di rumah. Kalau ada budget yang bisa disisihkan untuk membeli oleh-oleh untuk di rumah, belilah!

About Zico Alviandri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *