Menata Apartemen, Sederhana Tapi Menantang

By on Oct 1, 2014
1357717580

Sederhana, namun di situlah tantangannya. Menata apartemen membutuhkan cita rasa yang tinggi. Itu lah bekal mengolah ruangan kecil menjadi tempat yang cozy yang sering dirindukan.

Berikut ini muslimpolitan sarikan tips-tips menata apartemen:

1. Pilihan warna yang hidup pada karpet

Warna bisa membentuk persepsi lapang-sempitnya ruangan. Oleh karena itu, pilihlah warna yang muda karena memberi kesan lapang.

2. Minimalisir sekat

Dalam apartemen, beberapa ruangan biasanya dijadikan satu karena terbatasnya lahan. Usahakan agar penataan ruangan efisien dan fleksibel. Tak perlu ada sekat antara ruangan satu dan yang lain agar terlihat luas. Kalau tetap ingin ada sekat, paling tinggi gunakan sekat 1 meter agar antara ruangan tetap terlihat saling berhubungan.

3. Mainkan pencahayaan

Sahabat muslim politan bisa bereksplorasi dengan pencahayaan ruangan. Pilihan cahaya yang temaran membikin ruangan terasa hangat dan membuat pandangan tamu akan berkelana ke penjuru ruang. Sehingga ruangan akan terasa ditak sesempit aslinya. Begitu pula penggunaan lampu-lampu sorot (spot lamp) yang dipasang pada plafond ataupun dinding, akan memberikan nuansa, daya tarik dan atmosfir ruang sangat berbeda. Lampu memang merupakan jurus ampuh untuk membuat suasana ruang jadi berbeda.

4. Furnitur yang tepat

Pilihlah furnitur yang proporsional dengan ruangan. Tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil. Hindari furnitur yang tidak banyak berfungsi menunjang aktivitas. Anda juga bisa menggunakan furnitur built-in. Lemari pakaian yang “tertanam” ke dinding tidak memberi kesan sesak karena trlihat seolah-olah menyatu dengan dinding ruangan.

5. Tempatkan beberapa cermin

Kehadiran cermin membuat ruangan terkesan luas. Anda bisa mencoba menempatkan cermin di sudut-sudut ruangan.

6. Hadirkan tanaman mungil

Tanaman mungil seperti kaktus membuat suasana menjadi lebih hidup dan segar.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *