Agar Nyaman Bekerja Di Rumah

By on Oct 15, 2014
kantor pribadi

Banyak yang mengangankan punya kantor sendiri di rumah. Lebih fleksibel, lebih cozy, dan lebih bebas. Tapi bekerja di rumah punya kekurangan, misalnya rasa bosan. Karena bagaimana pun juga punya teman banyak di kantor bagi sebagian orang lebih rame.

Bicara masalah bosan, interior ruangan tempat bekerja di rumah pun bisa memicu kebosanan. Perlu trik khusus untuk membuat interior di dalam rumah menjadi menyenangkan. Karena kalau tidak, akan terasa bosan menatap properti L4 (lu lagi lu lagi). Atau karena tidak ada office boy, desain yang kurang efektif membuat repot karena anda kurang rapi.

Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut dalam mendesain tata ruang kantor pribadi anda.

Bidang Anda Bekerja

Dokter yang membuka praktek di rumah dan arsitek yang sibuk dengan imajinasinya merancang bangunan tentu memiliki kebutuhan desain yang berbeda. Dinding di ruangan dokter bekerja akan dihiasi oleh poster-poster bertema medis, sedangkan seorang arsitek mungkin akan memasang gambar-gambar yang bisa menginspirasinya. Dan yang paling mencolok adalah arsitek tidak membutuhkan kasur dan meja konsultasi layaknya ruang kerja dokter. Intinya, rancang ruangan kerja berdasarkan bidang anda bekerja.

Pemandangan Di Luar Jendela

Silakan anda bayangkan bekerja di sebuah ruangan di samping taman yang terang oleh sinar matahari dan dilengkapi dengan suara gemericik air oleh air mancur. Mengasyikkan dan itulah kelebihan anda bekerja di rumah. Kalau anda bekerja di ruangan tertutup dengan pemandangan di luar jendela yang tak terlalu menarik, apa bedanya dengan bekerja di kantor?

Pastikan ruangan anda bekerja di rumah itu benar-benar menopang suasana kerja yang rileks namun produktif. Tidak sumpek dan bosan dengan properti L4.

Pencahayaan

Bekerja di ruangan yang mendapat supply sinar matahari yang cukup akan lebih menggairahkan. Kalau anda tidak merasa harus menghidupkan ac, buka saja jendela agar sinar matahari lebih banyak masuk. Kalau ruangan yang ada tidak memungkinkan, maka pastikan pencahayaan ruang kerja anda pas. Tidak gelap sehingga bikin ngantuk, dan tidak terlalu terang membuat silau.

Desain Furnitur yang Efisien

Ruangan yang terbatas jangan sampai dibebani oleh furnitur yang boros. Misalnya meja yang terlalu besar dari kebutuhan. Atau kursi yang terlalu besar yang menghambat pergerakan. Untuk media penyimpanan, pertimbangkan loker tinggi namun ramping dan daripada loker pendek namun gemuk.

Rajin

Ada tantangan sendiri mengelola ruangan yang terbatas sebagai kantor. Dan harus disiplin dan rajin untuk selalu menjaga ruangan agar rapi. Sekalinya anda malas, maka akan timbul kesan berantakan. Efek buruknya akan membuat mood anda turun dan jadi malas bekerja. Bahkan masuk ke ruangan pun malas.

Selamat bekerja dari rumah!

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *