Dilema Telur, Makan Atau Hindari?

By on Oct 10, 2014
telur

“Awas kolesterol!” kata seorang teman saat melihat temannya memesan telur rebus di warung makan. Maklum, ia sudah mendengar cerita tentang kadar kolesterol yang di kandung telur. Lantas, apakah harus bersikap paranoid pada telur bila diketahui kandungan kolesterol yang tinggi?

Ada dua macam kolesterol, yaitu HDL (atau ada yang mengistilahkannya dengan kolesterol baik) dan LDL (kolesterol jahat). Sejatinya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. Tapi tentu saja pada kadar yang tepat. Kolesterol merupakan susunan molekul-molekul yang menjadi bahan pokok pembentuk membran sel. Selain itu kolesterol berfungsi dalam membentuk hormon-hormon penting seperti testosterone, estrogen dan kortisol.

Pada telur terdapat dua macam bagian, yaitu putih telur dan kuning telur. Putih telur mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Kuning telur mengandung lemak yang tinggi. Namun begitu, kuning telur juga mengandung nutrisi vitamin B12, zat besi, dan zinc.

Sebuah riset yang dirilis oleh Journal of the American College of Nutrition mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 1-3 butir telur sehari bisa meningkatkan HDL. Bagaimana dengan LDL? Rupanya mengkonsumsi telur dalam jumlah tadi tidak terlalu meningkatkan LDL.  Tidak banyak perubahan LDL pada tubuh orang yang mengkonsumsi telur.

Sebutir telur mengandung 180-190 miligram kolesterol. Sedangkan tubuh manusia membutuhkan maksimal 300 miligram kolesterol dalam sehari.

Tidak perlu takut mengkonsumsi telur. Para ahli sepakat dengan tingginya gizi di yang di kandung oleh telur. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh dan tubuh pun memproduksi kolesterol sendiri. Yang jadi masalah bila kita jarang gerak dan mengkonsumsi makanan secara berlebihan.

Dari berbagai sumber

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *