Ini Benefit Yang Anda Terima Dari Puasa Arafah

By on Oct 2, 2014
Puasa Arafah

Memasuki bulan Dzulhijjah, ada ibadah yang sangat disayangkan untuk ditinggalkan bagi anda yang tidak sedang melangsungkan ibadah haji. Yaitu puasa sunnah arafah yang dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah, saat jamaah haji melakukan wukuf di Arafah. Rasulullah saw mengabarkan beberapa benefit bila melaksanakan ibadah ini.

Menghapus Dosa Setahun Lalu

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Sempatkan introspeksi beberapa saat, lalu kenanglah kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan setahun lalu. Entah hanya berapa permil yang kita ingat. Melaksanakan puasa arafah dijamin oleh Rasulullah saw bisa menghapus dosa setahun yang lalu.

Membebaskan Diri Dari Api Neraka

Ini adalah advantage yang optimal saat melaksanakan puasa arafah. Karena terhindar dari siksaan api neraka adalah goal dari semua umat manusia, terutama yang muslim.

Rasulullah telah mengabarkan,

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arofah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim)

Doa yang Mustajab

Sebuah opportunity bagi anda yang punya keinginan kepada Allah swt hadir saat melaksanakan puasa arafah. Mungkin anda baru membuka usaha, make a wish kepada Allah swt saat puasa arafah! Atau anda ingin karir melesat? Dekati Allah swt melalui puasa arafah. Akhirat telah anda dapat melalui penghapusan dosa setahun sampai pembebasan dari api neraka, dan anda bisa bisikkan sebuah permintaan duniawi kepada Allah swt melalui puasa arafah.

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

“Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. MilikNyalah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu).” (HR. Tirmidzi, hasan)

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *