Motor Sumbang Angka Kecelakaan Paling Besar

By on Oct 30, 2014
kecelakaan

Jalan raya harusnya memberi manfaat untuk kehidupan manusia. Tetapi kecerobohan manusialah yang menyebabkan peristiwa yang paling dikhawatirkan pengguna jalan raya: kecelakaan.

Korp Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri membeberkan data kecelakaan lalu lintas yang mencapai 26.484 kasus kematian pada tahun lalu. Kepala Korlantas Mabes Polri, Irjen Condro Kirono, menerangkan pada wartawan bahwa angka tersebut disumbang paling banyak oleh pengendara motor.

“Pengendara motor menyumbang sekira 70 persen jumlah kecelakaan lalu lintas. Dan kami akan terus berupaya agar pengendara motor tidak menjadi korban sia-sia kecelakaan lalu lintas,” ujar Irjen Condro Kirono pada acara IMoS 2014 di JCC Senayan, Jakarta.

Condro Kirono menambahkan, jika industri otomotif bisa memaksimalkan sistem pengereman kendaraan atau pengendara mau mengurangi kecepatan motor, maka angka kecelakaan bisa ditekan.

“Penyebab utama kecelakaan sejatinya bukan jalan atau lainnya, tapi perilaku pengendara. Perilaku itu bisa naik turun, kadang jika sedang buru-buru kita mengabaikan keselamatan,” lanjutnya.

“Maka dari itu, perlu adanya kesadaran bukan hanya polisi yang menyadarkan masyarakat tapi semua pemangku kepentingan dan pengendaranya itu sendiri,” pungkasnya.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *