Qurban, Pembuktian Ketaqwaan Atau Strata Sosial?

By on Oct 3, 2014
sapi5

Menilai niat orang lain memang tak mudah. Dan tak ada pula perintah untuk memeriksa keikhlasan orang lain. Tapi kita bisa memeriksa niat diri kita sendiri. Termasuk dalam ber-qurban, hewan yang kita beli itu ajang pembuktian ketaqwaan kepada Allah swt atau ajang pamer strata sosial?

Silakan, anda sebagai pengurban yang bisa memeriksa niat anda sendiri saat penjual kurban menyodorkan kelas-kelas kambing/domba beserta harganya kepada anda. Anda bisa melihat kelas terbawah yang mungkin sangat terjangkau bagi anda, tapi seketika anda teringat saat hewan kurban dipajang, kambing anda terlihat mencolok karena ukurannya yang kecil. Gengsi, anda tak jadi membeli. Adakah seperti itu kejadiannya?

Lalu kemudian anda beranjak melihat ke list paling atas dari harga kambing. Demi apa? Demi gengsi. Karena anda tak ingin terpuruk di mata sosial karena hewan kurban yang kecil. Anda ingin kambing/domba anda menjadi representasi kemampuan ekonomi anda di hadapan masyarakat. Adakah seperti itu yang terjadi?

Semoga tidak. Karena sangat disayangkan bila uang yang terkuras dari rekening hanya mengundang kemarahan Allah swt karena Ia Azza wa Jalla disaingi dalam aktivitas ibadah.

Apa yang menjadi penilaian Allah swt, bukanlah berupa ukuran fisik hewan kurban. Kalau penilaian manusia, mungkin saja. Bukan berapa berat daging hewan yang sampai kepada Allah swt, tapi performa hati yang membuktikan ketaqwaan dan keikhlasan dalam beribadah kepada-Nya.

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (Al-Hajj : 37)

Sahabat muslim, bersungguh-sungguhlah mengontrol niat. Ibadah kurban sebenarnya bukan ibadah yang murah. Karena itu sayang sekali anda harus mahal-mahal untuk membayar ketidak-sukaan Allah swt.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *