Rasulullah Perintahkan Ajari Anak Olahraga. Pilih Cabang Apa?

By on Oct 25, 2014
Anak Berkuda

Menandakan keparipurnaan ajaran Islam, Rasulullah saw memerintahkan umatnya agar melakukan pendidikan jasmani kepada anak. Setidaknya ada tiga hal yang diperintahkan oleh Rasulullah kepada orang tua untuk diajarkan kepada anak. Yaitu memanah, berenang, dan berkuda.

Terdapat dalam Syu’abul Iman karangan Imam Baihaqi, “Ajarilah anak-anak kalian berenang dan melempar (memanah, dsb)…” Atau dalam Ma’rifatus Shahabah milik Abu Nu’aim Al-Ashbahani, “Ajarilah anak-anak kalian berenang dan melempar…”  Imam Al-Hakim pun mengutip hadits dalam Mustadraknya yang berbunyi, “Lemparlah, naiklah (kuda, dsb). Melempar lebih aku sukai daripada naik (kuda). Permainan yang dibolehkan hanya tiga: melatih kuda, mencandai istri dan melempar…”

Atau sebuah perkataan yang dinisbatkan kepada Umar bin Khattab, “Ajarkanlah anak-anakmu memanah, berenang dan menunggang kuda.”

Hadits-hadits itu beliau saw sabdakan sekitar 14 abad yang lalu. Sekarang, bagaimana implementasinya mengingat memanah dan berkuda bukanlah aktivitas biasa seperti orang dulu lakukan? Tetapi di lingkungan Rasulullah bersabda pun susah akses untuk berenang. Hanya ada padang pasir yang mengelilingi kota tempat Rasulullah tinggal.

Baik sekali bila Anda secara literlek menjalankan perintah Rasulullah itu. Misalnya rutin membawa anak ke kolam renang, klub memanah, dan berkuda. Kalau diusahakan, akan didapat juga klub memanah dan berkuda di kota besar.

Tetapi bila Anda tidak ingin memahami hadits itu secara literlek, Anda bisa mencari olahraga yang setara dengan tiga olahraga itu. Apa saja?

Ketepatan, Konsentrasi, dan Ketenangan

Memanah butuh konsentrasi dan ketepatan. Otot yang terlibat dalam olahraga ini mungkin hanya sekitar lengan dan dada. Tak semua otot tubuh terlibat. Olahraga ini lebih menekankan aspek mental, ketenangan, dan konsentrasi.

Anda bisa membawa anak ke klub olahraga memanah di kota Anda. Atau, Anda bisa membelikan mainan panah-panahan yang tidak berbahaya untuk dimainkan di rumah. Ada berbagai macam bentuk mainan memanah, termasuk yang tidak menggunakan busur.

Yang lebih modern dari olahraga ini adalah menembak. Mungkin anak Anda lebih tertarik olahraga menembak daripada memanah, coba ajak dia ke klub menembak di kota Anda.

Alternatifnya, bermain boling sebenarnya memerlukan aspek-aspek yang diperlukan dalam memanah, yaitu ketepatan, konsentrasi dan ketenangan. Juga latihan menendang bola ke gawang, atau latihan memasukkan bola basket ke dalam ring juga butuh aspek-aspek tadi. Kalau Anda tidak berprinsip literlek dalam memahami hadits ini, maka carilah olahraga atau latihan lain yang serupa prinsipnya dengan memanah.

Semasa kecil mungkin anda pernah mainan ketapel? Saat menyasar buah jambu di pohon tetangga, terasa sekali diperlukan konsentrasi, bukan? Tetapi mainan ketapel terasa agak berbahaya. Masih banyak mainan lain yang lebih aman yang juga mementingkan ketepatan.

Ketangkasan

Menaklukkan kuda agar baiknya jalannya, diperlukan ketangkasan. Rasulullah tidak memerintahkan agar anak Anda menjadi pak kusir yang duduk di muka, tetapi menjadi penunggang yang duduk di atas kuda sambil memacunya ke arah yang dikehendaki. Ini tidak mudah. Karena kuda harus dipastikan nurut baru bisa dikendalikan.

Klub olahraga menunggang kuda masih bisa dijumpai di kota besar. Sedikit saja upaya mencarinya dengan bantuan google, didapat alamat sekolah berkuda. Anda bisa melaksanakan perintah Rasulullah saw dengan mendaftarkan anak Anda ke sekolah itu.

Alternatif berkuda, mungkin bisa dicoba olahraga yang berhubungan dengan kendaraan seperti bersepeda sampai gokart. Memang tidak semenantang berkuda sebenarnya. Karena kuda itu makhluk hidup, sementara kendaraan lain hanyalah mesin. Tetapi tetap butuh ketangkasan saat bersepeda melewati jalan berbatu dan berbukit.

Kekuatan Fisik dan Kecepatan

Kalau berenang, jangan ditanya lagi di mana tempatnya. Ada begitu banyak tempat penyewaan kolam renang di kota besar. Justru mungkin para sahabat yang bertanya-tanya begitu mendengar sabda Rasulullah. Mau berenang di mana di sekitar padang pasir?

Olahraga ini jelas membutuhkan kekuatan fisik dan kecepatan. Olahraga lain yang membutuhkan dua aspek ini tentu banyak sekali. Sepakbola, futsal, basket, baseball atau olahraga populer lain juga membutuhkan aspek-aspek itu.

Silakan Anda persiapkan olahraga buat anak Anda. Dahulu kemampuan memanah diperlukan saat berperang. Maka perlu juga olahraga beladiri untuk anak Anda. Kemampuan berkuda diperlukan di masa lalu untuk kemudahan mobilitas. Maka pastikan anak Anda mahir mengendarai kendaraan. Dan kemampuan berenang suatu saat bisa saja diperlukan dalam kondisi tertentu. Anak Anda pun harusnya bisa menaklukkan kedalaman air.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *