Sekolah Islam Terpadu Protes Buku Pacaran Sehat

By on Oct 10, 2014
Sekolah Islam Terpadu

Apakah cara berpacaran harus diajarkan dalam kurikulum sekolah? Rupanya buku Pendidikan Jasmani dan kesehatan SMA/MA/SMK kelas XI terbitan Kemendikbud semester 1 yang baru terbit mencantumkan pengajaran itu. Dibuat berdasarkan kurikulum 2013, buku tersebut menyisipkan gambar anak remaja pria dan wanita menggunakan baju muslim, lalu memberi penjelasan tentang cara berpacaran yang sehat.

Sontak hal ini menimbulkan protes dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu. Ketua JSIT, Sukro Muhab, MSi mengeluarkan surat edaran kepada seluruh SMA Islam Terpadu di Indonesia untuk tidak menggunakan buku tersebut sebagai buku pegangan dalam pelajaran Pendidikan Jasmani.

Berikut ini instruksi Ketua Umum JSIT.

Instruksi Ketua Umum
Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia

Menanggapi buku Pendidikan Jasmani dan kesehatan SMA/MA/SMK kelas XI terbitan Kemendikbud semester 1. Pada halaman 128-129 yg membahas pacaran sehat.

Setelah kami telaah buku ini tidak layak disajikan di lingkungan Sekolah Islam Terpadu mengingat :

a. Isi materi tidak mencerminkan pendidikan karakter.

b. Didalam Islam pacaran sesuatu yang dilarang, diajarkan cara berpacaran dibuku ini seolah-olah membolehkan kepada para siswa untuk melakukan ini

c. Gambar pada halaman ini menampilkan sosok pemuda dan pemudi muslim dengan busana muslim sangat melecehkan kesucian Islam.

d. Konten materi yg mencampuradukan hak dan bathil merupakan gerakan pemurtadan dan ini merupakan ajaran modern yang menyesatkan .

Kami instruksikan kepada seluruh SMA Islam Terpadu se-Indonesia, agar tdk menggunakan buku ini menjadi rujukan dan mengembalikan buku ini ke Dinas Pendidikan kabupaten/Kota setempat untuk dilanjutkan ke Kemendikbud.

Kepada seluruh Sekolah Islam Terpadu terus berkonsentrasi melakukan pendidikan karakter dan terus waspada gerakan yang berusaha untuk melemahkan ajaran-ajaran Islam.

Jakarta, 9 Oktober 2014
Ketua JSIT Indonesia
Sukro Muhab

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *