Tuntutan Beradaptasi Untuk Karyawan Baru

By on Oct 15, 2014
karyawan baru

Bekerja di tempat yang baru sungguh menggairahkan. Tak sabar rasanya membuat bos terkesan dengan kinerja kita. Dan tak sabar pula menunggu gaji yang baru yang lebih baik dari perusahaan sebelumnya.

Tapi, awas jangan salah bersikap. Bisa-bisa bukan bos dan rekan kerja terkesan, malah nama anda buruk karena beberapa hari awal yang kurang berkenan.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai seorang karyawan baru.

1. Peka Terhadap Budaya, Nilai dan Peraturan Perusahaan

Kultur dan nilai tiap perusahaan berbeda. Ada perusahaan yang begitu permisif terhadap jam masuk kerja, ada yang ketat tak boleh telat. Ada yang kondusif untuk bekerja sambil bersenandung, ada yang harus terjaga kesunyiannya. Jangan sampai kebiasaan di perusahaan sebelumnya anda bawa ke perusahaan baru sementara ada yang tidak cocok.

Juga peraturan perusahaan, tentu saja akan banyak perbedaan. Masalah jam masuk, seragam, sampai peraturan kebersihan meja kerja. Peka dan siaplah menerima perubahan.

2. Mengerti Tugas

Di perusahaan yang baru, bila anda mendapat posisi yang berbeda dari perusahaan sebelumnya, pastikan anda mengerti jobdesc yang ditugaskan pada anda. Atau kalaupun posisi sama, belum tentu juga jobdescnya sama dengan perusahaan sebelumnya.

Misalnya posisi anda tak berubah sebagai programmer/developer, bisa jadi ada perbedaan tugas. Mungkin di tempat yang lama anda tak perlu membuat database dan table, tapi di perusahaan yang baru anda harus membuat database dan table sendiri yang anda perlukan.

3. Buka Komunikasi dan Sosialisasi

Banyak cerita tentang karyawan baru yang tidak disenangi karena tertutup. Memang, masyarakat kita lebih welcome pada orang yang supel dan mudah bergaul daripada tertutup. Di lingkungan penduduk biasanya kalau ada warga baru namun tertutup, akan jadi bulan-bulanan gosip. Hal itu kadang berlaku juga di perusahaan tertentu.

Jangan remehkan sapaan pada orang yang anda kenal ketika bertemu di kantor.

4. Jangan Segan Bertanya

Karena dengan banyak bertanya, anda mendapat informasi yang cukup untuk mengenal budaya, nilai, dan aturan perusahaan; bersosialisasi; mengenal karakter orang lain sehingga tak salah bersikap; dan mengerti tugas pekerjaan. Dengan bertanya anda juga mendapat informasi yang cukup lokasi tempat makan siang yang enak dan murah, rute angkutan ke kantor, rute kendaraan pribadi yang terdekat, dll.

5. Bekerja Keras Tapi Jangan Ingin Terlihat Menonjol

Bekerja keras sudah pasti. Anda sedang dalam masa probation (percobaan). Tapi jangan demi mendapat impresi atasan, anda terlihat over cari perhatian. Bersikap yang alami karena impresi itu datang sendiri saat melalui penyelesaian tugas yang memuaskan.

6. Akhlak yang Kokoh

Akhlak adalah bekal bersosialisasi di mana saja. Semua orang menyukai akhlak yang baik. Dengan ber-akhlakul karimah, anda akan diterima di mana saja. Rasulullah saw telah berpesan,

اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

“Bertaqwalah kepada Allah dimanapun engkau berada, dan tebuslah perbuatan buruk dengan kebaikan, serta pergaulilah manusia dengan akhlak yang baik” (HR Ahmad & Tirmidzi)

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *