Untuk Bersosialisasi, Pilih Olahraga Apa?

By on Oct 16, 2014
futsal warga

Olahraga tak hanya bermanfaat untuk jasad, tapi bisa sebagai ajang bersosialisasi. Terutama jenis olahraga yang mengandalkan kekompakkan tim seperti sepakbola hingga badminton. Tapi olahraga yang dilakukan individual pun bisa jadi sarana sosialisasi. Nah, olahraga apa saja yang biasanya marak di kota besar dan efektif untuk sosialisasi?

Perusahaan-perusahaan biasanya menyediakan budget untuk acara olahraga bagi karyawannya. Dengan memanfaatkan event ini, karyawan baru bisa lebih diterima di lingkungan barunya. Atau karyawan lama juga bisa lebih akrab dengan rekannya lintas departement.

Di lingkungan rumah atau komplek perumahan, biasanya warganya juga menggelar event-event olahraga. Saat santai itu kadang diselingi musyawarah-musyawarah kecil yang membincangkan urusan-urusan warga.

Dan inilah olahraga yang paling sering dimanfaatkan untuk bersosialisasi:

Futsal

Kalau dulu di kampung, sepakbola menjadi olahraga favorit. Bahkan ada turnamen antar kampung (tarkam). Tetapi sekarang, terutama di kota besar, lahan luas sangat terbatas. Developer selalu sigap merebut lahan kosong untuk dibangun rumah.

Maka yang trend sekarang adalah futsal. Cabang ini adalah permainan tim yang menuntut kekompakkan anggota kelompoknya. Bekerjasama dalam tim membutuhkan komunikasi, yang tentunya membuka sosialisasi. cabang ini banyak diminati oleh para lelaki. Tapi ada juga perusahaan yang menyediakan dana untuk futsal wanita.

Di lapangan, futsal dimainkan oleh sepuluh orang. Karena hanya menampung sepuluh orang sedangkan yang minat cukup banyak, biasanya yang duduk di pinggir lapangan sebagai cadangan cukup ramai. Nah, saat duduk menanti giliran main itulah bisa dijadikan ajang mengobrol dan bersosialisasi.

Futsal dipilih oleh warga kota dibanding Sepakbola, karena pergantian pemain pada cabang futsal tidak terbatas. Orang yang sudah main bisa masuk lagi ke lapangan. Jadi fleksibel. Dan lapangannya pun tidak sebesar sepakbola. Biasanya bapak-bapak cukup main selama 5-10 menit, setelah ngos-ngosan ia minta diganti.

Senam

Kalau cabang ini, yang ramai adalah ibu-ibu. Di alun-alun kota, di taman, bahkan di parkiran rumah makan sering diadakan senam massal. Karena pesertanya ramai, senam bisa dijadikan ajang sosialisasi oleh ibu-ibu.

Bersepeda

Cabang ini membutuhkan biaya tidak sedikit sebenarnya. Harga sepeda untuk olahraga berkisar satu juta rupiah sampai puluhan juta rupiah. Namun peminatnya cukup banyak. Orang yang hobi bersepeda biasanya berkumpul dalam komunitas-komunitas. Di hari ahad atau hari libur, mereka mengadakan tour ke tempat-tempat yang banyak pepohonan dan rindang. Olahraga ini memang dilakukan individu, bukan tim, tetapi karena dilakukan beramai-ramai bersama komunitas bisa menjadi ajang sosialisasi.

Bulutangkis

Cabang ini sangat banyak peminatnya di Indonesia. Penghobi bulutangkis biasanya bergabung dalam klub-klub bulutangkis. Mereka punya jadwal latihan tertentu, biasanya dua kali sepekan.

Tidak cuma di klub, perusahaan ataupun warga di lingkungan rumah juga merutinkan game ini. Cabang ini memang terdiri dari tunggal dan ganda, tetapi paling sering dimainkan ganda bila dilakukan sebagai hobi. Peminat yang banyak kadang membuat orang harus mengantri untuk ikut main. Permainan ganda berarti harus bekerja sebagai tim, membuka komunikasi, dan sebagai jalan bersosialisasi.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *