Waspada Bahaya Rokok Bagi Wanita

By on Oct 27, 2014
bahaya rokok

Wanita perokok banyak ditemukan pada wanita karir. Di sekitar gedung perkantoran saat jam istirahat, mudah ditemukan wanita yang menghisap rokok. Agak mengkhawatirkan bila rokok menjadi lifestyle bagi wanita muda di perkotaan.

Para pakar kesehatan telah memperingatkan tentang ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh asap rokok. Untuk wanita, bahaya ini lebih rentan lagi. Terdapat beberapa resiko bagi wanita yang aktif merokok.

Kanker Serviks (Rahim)

Everydayhelath.com melansir bahwa wanita perokok aktif beresiko tiga kali lebih besar terkena kanker serviks daripada wanita yang minim berurusan dengan asap rokok. Pada kanker serviks, rokok berperan dalam mencegah sistem imun tubuh untuk melawan kehadiran Human Papilloma Virus (HPV). Ditambah lagi zat karsinogen dari asap rokok meningkatkan aktivitas virus HPV sehingga lebih cepat menuju sel serviks.

Kanker serviks menjadi penyebab kematian wanita terbesar nomor empat setelah kanker payudara, kolorektal dan kanker paru-paru.

Kanker Payudara

Dalam sebuah studi pada 73.000 wanita, ditemukan hubungan kuat antara aktivitas merokok dengan kanker payudara. Studi ini menganalisa 14 tahun kesehatan para wanita.

Dari studi itu disimpulkan, resiko tinggi terjadi pada wanita yang mulai merokok sebelum melahirkan anak pertama. Dibanding wanita yang tidak pernah merokkok, kanker payudara invasif 24 persen lebih tinggi pada wanita yang masih merokok, dan 13 persen lebih tinggi pada wanita yang pernah merokok.

Sedangkan wanita yang mulai merokok sebelum menstruasi pertama beresiko 61 persen dibanding yang tidak pernah merokok. Dan yang terbiasa merokok sejak 11 tahun atau lebih sebelum melahirkan beresiko sekitar 45 persen.

Gangguan Kehamilan dan Janin

Nikotin yang terdapat dalam asap rokok membuat pembuluh darah mengkerut yang menyebabkan persediaan darah untuk plasenta berkurang. Akibatnya, asap rokok bisa membahayakan janin. Akibatnya bermacam-macam seperti janin yang cacat, berat badan saat lahir rendah, bahkan gangguan jiwa.

Gangguan Kesuburan

Rokok menyalurkan racun ke organ vital Anda. Tembakau dapat menyebabkan lendir leher rahim mengental, mencegah perkembangan sperma, dan menurunkan level estrogen yang dapat mengurangi kualitas dinding rahim dan membatasi aliran darah yang diperlukan untuk implantasi telur.

Gangguan Menstruasi

Racun pada rokok yang mempengaruhi ovarium bisa menyebabkan rasa nyeri di kala menstruasi karena berkurangnya sekresi estrogen. Selain itu, rokok juga bisa membuat pendarahan berlebihan, keputihan, dan jadwal menstruasi yang tidak teratur.

Dari berbagai sumber

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *