Google Kembangkan Teknologi Nanopartikel Pendeteksi Kanker

By on Nov 14, 2014
google

Google mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan teknologi nanopartikel untuk mendeteksi dini penyakit kanker, serangan jantung, dan penyakit lainnya. Nanopartikel ini akan mengidentifikasi perubahan biokimia di dalam tubuh yang memberikan tanda-tanda peringatan.

Perusahaan yang berbasis di Mountain View (California) ini menjelaskan, nanopartikel dimasukkan ke dalam sebuah kapsul yang dimasukkan ke dalam tubuh, dan kemudian mencari dan menempel sel-sel, protein, atau molekul dalam tubuh. Nanopartikel ini selanjutnya mengirimkan informasi kepada komputer yang dilengkapi dengan sensor tertentu.

Kelangsungan hidup kanker sangat tergantung pada diagnosis dini. Dalam banyak kasus seperti tumor pankreas, tak tersedia alat yang dapat mendeteksi dini gejala penyakit itu.

Divisi GoogleX lah yang terlibat dalam pengembangan projek nanopartikel ini. Divisi ini juga telah mengembangkan projek mobil otomatis, kacamata pintar, dan balon internet yang memberikan akses internet gratis untuk masyarakat terpencil.

Projek ini sendiri masih dalam tahap awal dan diperkirakan akan memakan waktu antara 5 sampai 7 tahun. Google melihat ada banyak peluang teknologi yang bisa dikembangkan dari projek nanopartikel ini. Misalnya ujicoba untuk mendeteksi plak di arteri yang dihasilkan sebuah enzim yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke. Cara kerjanya, nanopartikel akan membuntuti aktivitas sel-sel ganas lalu mengirimkan informasi ke perangkat yang terhubung.

Google menekankan bahwa teknologi yang dikembangkan beberapa tahun belakangan seperti sensor kecil dan mikroskop canggih yang telah mendorong peluang adanya metode diagnostik baru.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *