Gubernur Aceh Nyatakan Status Bencana Provinsi

By on Nov 4, 2014
bencana aceh

Kabar duka melanda saudara muslim di Aceh. Bencana banjir dan longsor menimpa beberapa wilayah di provinsi paling barat di Indonesia itu, terutama di Gunung Paro dan Kulu Kabupaten Aceh Besar. Gubernur NAD Zaini Abdullah pun menyatakan status bencana Provinsi.

“Pemerintah Aceh telah menetapkan kejadian banjir dan longsor di beberapa wilayah di Aceh sebagai bencana provinsi,” terang Zaini, Selasa (4/11/2014).

Zaini meminta seluruh jajarannya melakukan langkah serta tindakan darurat dan khusus kepada Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) agar dapat bekerja dengan cepat dan sigap.

“Saat ini langkah penanggulangan darurat harus difokuskan pada penyelamatan masyarakat dan evakuasi warga yang terisolasi, serta distribusi logistik bagi masyarakat,” pintanya.

Gubernur juga meminta Dinas Sosial Aceh agar segera menyalurkan bantuan logistik yang dibutuhkan korban banjir.

“Segera berkoordinasi dengan posko-posko bencana dan segera membuka akses masyarakat yang terisolir,” tegasnya.

Kepala BPBA Aceh, Said Rasul mengatakan, sejauh ini terdapat 12 titik longsor di Gunung Paro. Telah dikerahkan alat-alat berat dari Bina Marga Aceh untuk mengatasi longsor itu.

Sementara itu sekretaris Dinas Sosial Aceh, Burhanuddin, menyatakan bahwa hingga saat ini baru 12.600 pengungsi yang terdata untuk Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Jaya.

Longsor dan hujan deras telah melanda Kabupaten Aceh Besar, Aceh Jaya dan Kota Banda Aceh. Sehingga membuat ruas jalan di Gunung Paro dan Kulu, Aceh Besar dan gunung Gunung Glee U, Kecamatan Indra Jaya, Kabupaten Aceh Jaya.

Akibatnya tanah longsor dan juga pohon kayu dan tiang listrik tumbang di badan jalan. Sehingga arus lalu lintas Banda Aceh-Meulaboh macet total. Namun sekarang sudah bisa dilintasi meskipun harus diarahkan satu per satu, karena jalan sempit setelah longsor.

Selain Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Jaya, banjir juga melanda Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kabupaten Aceh Singkil.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *