Hadirkan Manfaat dan Kecantikan di Pekarangan Rumah

By on Nov 4, 2014
tanaman pekarangan

Punya sebidang tanah di pekarangan rumah, sayang sekali bila tidak dimanfaatkan dengan menanam tumbuhan yang bisa mempercantik rumah. Tidak sekedar memberi aspek estetika, dengan menanam tanaman, Anda sudah bersedekah.

Tidaklah seorang muslim bercocok tanam, kecuali setiap tanamannya yang dimakannya bernilai sedekah baginya, apa yang dicuri orang darinya menjadi sedekah baginya, apa yang dimakan binatang liar menjadi sedekah baginya, apa yang dimakan burung menjadi sedekah baginya, & tidaklah seseorang mengambil darinya, melainkah ia menjadi sedekah baginya. (HR Muslim)

Ada banyak pilihan tanaman untuk ditanam di halaman rumah. Di pinggir jalan tertentu biasanya ada yang berjualan tanaman hias. Tapi tanaman obat pun bisa jadi cantik kalau bisa menatanya.

Tanaman Hias

Di mulai dari dasar, tentu perlu rumput yang cantik untuk halaman Anda. Ada pilihan berupa rumput Gajah, atau rumput Manila, rumput Golf, bahkan rumput Peking. Rumput Gajah pun bermacam-macam vairannya. Yang termahal adalah jenis rumput Gajah Mini Putih.

Kalau tanah pekarangan Anda lumayan luas, Anda cukup leluasa untuk menanam pohon Palem atau Cemara, atau bahkan tanaman perdu. Kalau memungkinkan lagi, tanamlah pohon peneduh misalnya Angsana, Cempaka, Damar, dll.

Jangan lupa tanaman pagar. Anda bisa memilih pohon bambu, Pakis, Clementis, dll.

Dan untuk tanaman penutup tanah, ada banyak sekali pilihan. Misalnya Anggrek Tanah, Bayam Merah, Cendrawasih, dll.

Agar tak salah pilih, Anda bisa langsung mendatangi penjual tanaman hias dan berkonsultasi langsung dengan penjualnya.

Apotik Hidup

Pekarangan rumah Anda juga bisa ditanami apotik hidup. Yaitu tanaman yang mengandung obat-obatan tradisional.

Lidah Buaya, batangnya bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Tanaman ini pun cukup cantik di tanah bila dirawat. Lengkuas selain bermanfaat untuk bumbu dapur, juga dapat menyembuhkan penyakit kulit. Mahkota Dewa terkenal sebagai tanaman obat, salah satunya untuk penyakit darah tinggi.

Bunga Melati punya bentuk yang indah dan wangi yang harum. Fungsi lainnya adalah meredakan sesak nafas dan sakit kepala. Pohon jambu biji punya khasiat menyembuhkan sakit diare dengan mengolah daunnya. Buahnya mengandung vitamin C dan baik untuk penderita Demam Berdarah.

Begitu banyak pilihan dan begitu banyak manfaat yang bisa dihasilkan dari sebidang tanah di halaman rumah Anda. Ayo bertanam.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *