Hindari Hal Berikut Yang Dapat Merusak Otak

By on Nov 8, 2014
otak rusak

Otak merupakan organ tubuh yang sangat vital bagi jasad kita. Berfungsi mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Karenanya, penting untuk menghindari aktivitas yang bisa merusak otak. Seperti aktivitas-aktivitas berikut ini:

1. Merokok

Sudah jamak diketahui masyarakat bahwa merokok mengandung zat-zat yang berbahaya bagi organ tubuh. Pengaruhnya pada otak, merokok dapat menyebabkan penyusutan otak dengan cepat dan mengakibatkan penyakit Alzheimer.

2. Polusi Udara

Para ilmuwan mengadakan percobaan dengan sebuah tikus. Hasilnya, ditemukan bahwa polusi bisa menyebabkan kerusakan otak, kehilangan daya ingat dan Alzehimer. “Tidak ada yang bisa melihat partikel tersebut, tetapi partikel tersebut dihirup dan berakibat pada neuron otak yang dapat meningkatkan kemungkinan berakibat buruk pada otak dalam waktu lama,” kata Peneliti Senior dari Universitas California Selatan, Caleb Finch.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur juga dapat merusak sel-sel otak, karena otak memerlukan istirahat dan memulikan kemampuannya dengan cara tidur.

4. Tidak Sarapan Pagi

Berdasarkan penelitian, mereka yang tidak sarapan pagi akan memiliki kadar gula dara yang rendah. Akibatnya, suplai nutrisi ke otak pun berkurang.

5. Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *