Ini Dia Fitur Pembuat Whatsapp semakin Powerful

By on Nov 26, 2014
Whatsapp

Aplikasi chatting whatsapp terus melakukan pengembangan. Beberapa fitur ditambahkan dan diperbaharui dalam aplikasi ini. Semakin canggih, dan semakin nyaman bagi penggunanya.

Fitur terbaru pengembangan whatsapp antara lain:

1. Dua garis centang biru

Fitur ini tidak terlalu baru sebenarnya. Tapi ini pengembangan yang membuat whatsapp semakin canggih. Dulu, info paling jauh yang didapat oleh pengirim pesan adalah pesan sudah sampai kepada penerima, tanpa diketahui apakah pesan itu sudah dibaca atau belum. Tandanya dengan dua garis centang berwarna abu-abu.

Pada pengembangan terbarunya, dua centang abu-abu ini bisa berubah menjadi warna biru yang menandakan pesan sudah dibaca oleh penerima.

2. Jumlah anggota sebuah grup whatsapp diperluas hingga 100 anggota

Sebelumnya, jumlah anggota sebuah grup hanya sampai 50 orang. Hal ini yang membuat banyak pengguna whatsapp beralih ke aplikasi lain semisal telegram yang mampu menampung 100 anggota. Kini, setelah daya tampung grup whatsapp bisa sampai 100 orang, pengguna gadget mulai kembali ke whatsapp.

3. Satu grup bisa terdapat dua admin atau lebih

Kendala lain dalam grup whatsapp adalah, bila yang menjadi admin tidak lagi aktif di grup. Masalahnya, kalau ada yang nomor lain yang ingin diinvite, tidak ada member yang punya hak melakukan itu. Akhirnya grup tersebut bubar dan membentuk grup baru.

Kini masalah tersebut bisa dihindari dengan mengangkat admin grup lebih dari satu nomor. Bila adminnya sedang berhalangan, ada admin lain yang bisa meng-invite atau me-remove sebuah nomor.

4. Mengetahui siapa yang sudah membaca sebuah pesan di grup

Grup whatsapp makin dinamis. Selain daya tampung anggota yang lebih banyak dan admin yang lebih dari satu, hal yang menarik lain adalah sebuah pesan bisa diketahui sudah terkirim ke siapa saja dan sudah dibaca siapa saja.

Caranya, klik pesan itu agak lama, kemudian setelah muncul opsi, pilih tanda ‘i’ atau info. Maka terlihatlah daftar anggota yang sudah menerima pesan dan membaca pesan.

5. Mengetahui siapa yang sedang mengetik di grup

Saat percakapan agak ramai, diperlukan kesabaran tiap anggota untuk menimpali pesan agar pembicaraan menjadi teratur. Dulu fitur ini tidak ada di whatsapp, dan menjadi kelebihan Blackberry Messenger. Kini fitur ini telah tersedia pula di whatsapp. Dengan mengetahui siapa yang sedang mengetik, kita bisa memutuskan apakah bisa langsung menimpali pesan atau menunggu penjelasan orang yang sedang mengetik itu.

6. Mematikan fitur read

WhatsApp mengeluarkan pembaruan aplikasi yang menyertakan pilihan penonaktifan fitur ‘Read’ alias notifikasi keterbacaan pesan. Bagi Anda yang tidak suka dengan tanda dua centang biru yang berarti pesan Anda sudah terbaca, Anda bisa mematikan fitur tersebut.

Untuk mematikan fitur ‘Read’, pengguna Android bisa mengakses menu Settings > Account > Privacy kemudian hilangkan tanda centang di opsi ‘Read Receipts’.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *