Kisah The Angel Investor

By on Nov 6, 2014
The successful agreement

Saya menjuluki mereka The Angel Investor. Putaran uang mereka membantu menghidupi manusia di sekelilingnya. Mereka! Ya, bukan perorangan, tetapi komunitas yang mau bergotongroyong memutar uang agar terpercik manfaat kepada sesama.

Sebuah koperasi bernama Koperasi Sejahtera Bersama (SB) berhasil memutar uang anggotanya hingga puluhan milyar rupiah. Dari uang itu mereka membuat master franchise “SB Mart.” Kini, SB Mart memiliki ratusan cabang di seluruh Indonesia.

SB Mart Furniture menjadi lini sukses berikutnya dengan puluhan gerai. Gedung 10 lantai sebagai Kantor Pusat Koperasi SB di jalan Pajajaran Bogor adalah bukti nyata suksesnya bisnis koperasi mereka. Back bone community atau anggota club/koperasi yang memiliki passion yang sama menopang secara kuat bisnis SB Group.

Kisah lainnya, koperasi yg tak terlalu terkenal di Jagakarsa berhasil memutar uang anggotanya hingga milyaran. Bahkan menawarkan dana ke teman-teman developer property untuk diputar uangnya.

Ada lagi, developer muda terkenal di Bogor memiliki club beranggotakan sesama developer. Mereka miliki passion yang sama, dan berhasil mengumpulkan uang milyaran dimana uang tersebut mereka gunakan untuk menopang bisnis masing-masing anggota clubnya. Bahkan uang tersebut dapat menjadi buffer income bagi anggota club yang sedang kesulitan dana.

Dan sebuah klub motor besar/moge tak kalah beraksi dengan mengumpulkan uang hingga milyaran rupiah kemudian mereka putar untuk anggotanya.

Saya hanya ingin menarik benang merah: Bisnis yang dilakukan oleh komunitas-komunitas ini akan tumbuh tidak hanya menjadi trend, tetapi merekalah leader kelas menengah. Mereka bisa kita sebut “peer group” dengan DNA spartan, berdaya juang tinggi, pembelajar, dan solidarity maker. Organisasi yang tumbuh berkembang saling menguatkan satu sama lain. Setelah itu mereka akan lakukan pekerjaan dengan smart dengan memutar otak, menghasilkan investasi yang berlipat-lipat, dengan risk mitigation optimal. Mereka berubah menjadi pribadi-pribadi ulung, lihay, smart dalam berinvestasi, ajeg, percaya diri, “trust is number one”, dan mereka sebenarnya investor sejati berhati malaikat yang menjelma menjadi THE ANGEL INVESTOR.

*Dikala sore menjelang senja #Sulambayang residence #Rudenkproperty

 

Rudi Saputra

Seorang Socialpreneur dan Developer.

Rudi Saputra

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *