Olahraga Yang Membentuk Perut Ideal

By on Nov 11, 2014
olahraga perut

Bagi sebagian orang, bentuk perut itu soal gengsi dan harga diri. Terutama kalau ia berada di komunitas yang suka bercanda soal perut. Duh…

Olahraga memang jalan satu-satunya untuk membentuk perut yang six pack yang diidamkan kaum lelaki. Tetapi tidak harus six pack juga, yang penting ukuran perut tidak berlebih saja, sudah cukup. Melakukan olahraga tentu akan membakar lemak di dalam tubuh. Namun ada olahraga tertentu yang lebih banyak memfungsikan otot perut. Sehingga tak cuma lemak di perut surut, tetapi otot perut pun terbentuk.

Sit Up

Gerakan yang sangat populer ini benar-benar memforsir otot perut. Anda bisa melakukan dengan kaki ditekuk atau diluruskan. Tetapi menurut pakar, lebih efektif kaki ditekuk saat sit up.

Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Tempatkan kedua tangan di dada lalu perlahan-lahan angkat kepala dari tanah. Angkat bahu Anda dan kemudian turunkan. Lakukan ini perlahan-lahan sepuluh kali, istirahat beberapa detik dan kemudian melakukan dua set lebih (sepuluh/set). Setelah satu atau dua minggu latihan ini akan terasa mudah.

Back Up

Latihan ini kebalikan dari sit up. Berbaring lah dengan posisi tubuh tidur tengkurap. Tubuh dan kaki lurus. Posisi masing-masing tangan berada di samping, menyentuh belakang masing-masing telinga. Kemudian gerakan tubuh bagian atas naik dan turun. Ketika naik, posisi tubuh harus naik maksimal. Perhitungan, dimulai dari posisi dibawah, maka duhitung sekali jika sudah turun lagi.

Push Up

Selain mempengaruhi otot lengan, gerakan push up juga terasa di perut. Anda bisa melakukan push up dengan dinding, atau dengan lutut ditekuk, dan yang paling baik adalah push up sempurna. Yaitu push up yang dilakukan di lantai.

Saat melakukan push up sempurna, letakkan tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu anda. Kaki bertumpu pada ujung jari kaki anda, hingga tubuh berposisi lurus sempurna. Dan jangan ada posisi atau bongkong anda menonjol ke atas. Turunkan bahu anda sampai membentuk siku 90 derajat. Kemudian dorong bahu dan lengan hingga lurus kedepan dengan sambil mengambil nafas.

Berenang

Berenang merupakan olahraga yang paling banyak melibatkan otot tubuh. Sehingga berenang merupakan olahraga yang paling banyak membakar lemak dan kalori. Gaya-gaya dalam renang seperti gaya dada melibatkan otot perut sehingga bisa membentuk perut yang ideal.

Jalan Kaki Atau Berlari

Olahraga ini sangat efektif membakar lemak. Menurut penelitian, jalan kaki 1 jam bisa membakar 610 kalori. Olahraga ini sangat murah dan mudah dilakukan. Kuncinya, jangan malas. Misalnya pergi ke mini market di dekat rumah yang berjarak 1 KM, tak naik motor, tapi berjalanlah. Atau kalau ingin ke masjid untuk sholat berjamaah, gunakan jalur terjauh sedapat mungkin.

Jumlah kalori per menit yang anda dapat bakar dengan berjalan kaki ditentukan oleh berat badan dan kecepatan berjalan anda. Jika anda berjalan pada kecepatan 6 km per jam (kecepatan berjalan kaki pada umumnya) anda dapat membakar jumlah kalori per menit sebagai berikut: berat badan 60 kg = 4,7 kalori; berat badan 70 kg = 5,5 kalori; berat badan 80 kg = 6,3 kalori; berat badan 90 kg = 7,1 kalori; berat badan 100 kg = 7,8 kalori, dan berat badan 110 kg = 8,6 kalori.

Bila anda berlari, tentu kalori yang dibakar lebih besar lagi. Hanya saja, karena bebannya lebih ringan, melakukan olahraga jalan kaki bisa jauh lebih lama daripada berlari. Orang awam yang jarang berolahraga bisa tahan jalan kaki selama satu jam, sementara bila ia berlari hanya bisa tahan beberapa menit. Sehingga bagi beberapa orang lebih efektif berjalan kaki daripada berlari.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *