Yang Harus Diperhatikan Bila Berkendara Saat Hujan

By on Nov 27, 2014
Raintip3

Musim hujan sudah tiba. Belakangan ini, hujan turun saat waktu pulang kantor. Ada yang memaksa mengendarai kendaraannya, motor ataupun mobil, meski hujan sedang deras. Dan ada juga yang menunggu hujan sedikit reda baru beranjak dari kantor.

Kadang ada keperluan yang mau tak mau kita harus menerobos hujan. Karena itu, perlu diperhatikan beberapa hal berikut bila harus berkendara di bawah guyuran hujan.

1. Pastikan kesiapan kendaraan

Cek kondisi ban. Tekanan ban yang tepat dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air dan tergelincir (slip) pada saat melintasi jalanan yang basah. Jangan menunggu ban sampai aus dan gundul untuk diganti.  Karena ban dengan kondisi yang telah habis alur kembangannya bisa menyebabkan slip dan membuat jarak pengereman semakin panjang.

Cek juga lampu depan. Pastikan lampu depan menyala saat hujan. Agar pengendara dari lawan arah dapat melihat. Dan hal ini juga membantu pengendara lain agar waspada.

Juga periksa dan pastikan bahwa sistem pengereman berfungsi dengan baik. Komponen yang satu ini sangat vital dan memiliki peranan penting dalam menghadapi segala kemungkinan saat jarak pandang terbatas akibat hujan deras.

Bila Anda membawa mobil, pastikan juga wiper bisa bekerja dengan baik. Saat pendangan menjadi terbatas dan Anda tidak dapat melihat bahu jalan atau kendaraan lain dengan jarak yang aman, maka saatnya bagi Anda untuk menepi dan menunggu hujan reda.

2. Jaga Kecepatan

Jangan coba-coba ngebut saat jalanan basah. Saat hujan turun, air akan bercampur dengan kotoran dan minyak yang membuat jalan menjadi licin dan membuat mobil Anda mudah tergelincir. Aturlah kecepatan yang memungkinkan bagi Anda untuk mengendalikan kendaraan dengan baik saat jalanan becek.

3. Jaga Jarak Aman & Hindari Rem Mendadak

Jalanan yang licin membuat pengereman jadi lebih panjang. Karena itu, saat jalanan basah, wajib menjaga jarak aman yang lebih jauh dari keadaan jalan normal/kering. Dan hindari pula rem mendadak, karena rem mendadak riskan membuat kendaraan Anda slip.

4. Perkirakan Ketinggian Air

Jangan paksakan diri menerobos jalanan yang telah tergenang sekitar 25cm atau lebih. Ketinggian sebesar itu dapat membuat air masuk ke dalam knalpot atau ruang pembakaran mesin. Akibatnya kendaraan akan mogok dan membuat kita menyesal.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *