Bersiap, Tarif Listrik Akan Kembali Naik Untuk 12 Golongan Ini!

By on Dec 4, 2014
tarif listrik

Bersiaplah, mulai tanggal 1 Januari 2015 tarif dasar listrik akan kembali naik untuk 12 golongan tarif.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyiapkan peraturan pemerintah (permen) No 31 Tahun 2014 yang telah ditandatangani Menteri ESDM Sudirman Said pada 5 November lalu, yang menerangkan soal perubahan harga tarif dasar listrik.

Penerapan harga jual listrik PLN ini didasarkan pada tiga faktor, yaitu nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD), harga minyak Indonesia (ICP), dan inflasi.

Dalam sosialisasi terhadap permen ini, Direktorat Jendral Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan bahwa peraturan ini disusun guna mempertahankan kelangsungan penyediaan tenaga listrik, peningkatan mutu pelayanan pada konsumen, dan peningkatan rasio elektrifikasi. Selain itu peraturan ini nantinya akan mendorong subsidi listrik yang lebih tepat sasaran serta penerapan penyesuaian tarif tenaga listrik untuk beberapa golongan tertentu.

Dua belas golongan pelanggan tarif non-subsidi yang akan mengalami kenaikan harga adalah:

1. Rumah Tangga R-1/TR daya 1.300 VA.

2. Rumah Tangga R-1/TR daya 2.200 va.

3. Rumah Tangga R-2/TR daya 3.500 va.

4. Rumah Tangga R3/TR daya 6.600 va ke atas.

5. Bisnis B-2/TR daya 6.600 va s/d 200 kva.

6. Bisnis B-3/TM daya diatas 200 kva.

7. Industri I-3/TM daya diatas 200 kva.

8. Industri I-4 /TT diatas daya 30.000 kva.

9. Kantor pemerintah P-1/TR daya 6.600 va.

10. Kantor pemerintah P-2/TM diatas 200kva.

11. Penerangan Jalan umum P-3/TR.

12. Layanan khusus TR/TM/TT.

Ada dua golongan tarif yang tidak ikut terkena kenaikan harga. Yaitu konsumen rumah tangga kecil pada tegangan rendah sebesar 900 VA dan 450 VA. Alasannya, pemerintah menilai kedua konsumen tersebut masih berada dalam golongan masyarakat yang belum mampu.

“Pada tarif 450-900 VA masih banyak sekali masyarakat yang belum mampu. Listrik masih dipakai untuk kebutuhan dasar,” kata Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarman, beberapa waktu lalu.

Sumber: Okezone, Sindonews

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *