Bersiap Untuk Kehidupan Yang Tak Pernah Berubah

By on Dec 12, 2014
surga-neraka

Apa yang terjadi bila Anda hidup di negara yang mengatur bahwa gaji seseorang tidak akan pernah naik atau turun seumur hidup? Stagnant, segitu-gitu saja. Dari awal Anda bekerja hingga pensiun besaran yang Anda terima tiap bulan, tetap.

Hanya saja tiap orang menerima penghasilan yang berbeda-beda. Ada yang seumur hidup digaji Rp 5 juta sebulan, ada yang Rp 10 juta sebulan, ada yang Rp 30 juta sebulan, dan seterusnya.

Besaran tiap orang ditetapkan melalui suatu ujian. Jadi, ada satu ujian, sekali seumur hidup yang harus dilewati tiap orang di negara itu untuk menentukan gajinya selama-lamanya. Makin bagus hasil ujiannya, makin besar pendapatan yang akan ia terima.

Kira-kira, apa yang akan Anda lakukan saat Anda sedang menghadapi ujian itu? Tentu Anda akan sungguh-sungguh dan mengarahkan segenap kemampuan. Karena taruhannya adalah masa depan yang tidak bisa diubah lagi. Ujian itu benar-benar menjadi penenti hidup Anda selanjutnya. Sekali gagal, seterusnya sengsara. Dan sekali sukses, seterusnya bahagia.

Sesungguhnya hidup kita sedang ada dalam ujian yang serupa kiasan tadi. Hidup ini adalah penentuan, yang mana bila sekali saja gagal maka seterusnya akan sengsara, dan sebaliknya. Hidup kita adalah ujian penentuan berapa besar penghasilan yang akan kita terima kelak, di mana penghasilan itu tidak akan mengalami perubahan.

Kelak, di akhirat, kita akan membawa amal hasil perjuangan selama hidup di dunia. Setelah kita mempertanggungjawabkan amal perbuatan kita, kemudian Allah akan mementukan ganjaran amal tiap manusia. Setelah itu tidak ada lagi usaha beramal sholeh agar mendapatkan ganjaran yang baik. Yang ada, manusia akan selamanya menikmati ganjaran yang telah ia dapatkan.

Ada yang Allah ganjar dengan surga Firdaus, ini adalah surga tertinggi. Ada yang Allah ganjar dengan surga pertengahan, atau surga yang tingkatnya di bawah. Dan ada juga yang kekal selamanya di neraka, naudzubillahi min dzalik.

Kelak, ada yang hidup kekal bahagia dengan fasilitas yang serba lengkap. Apa yang ia ingini terwujud. Tak pernah lapar, selalu dikitari makanan. Berada di sekeliling bidadari yang rupawan dan pelayan yang sigap. Tinggal di istana yang megah. Seterusnya hidup senang seperti itu, tanpa rasa bosan karena Allah tak menciptakan rasa bosan untuk penghuni surga.

Dan ada yang hidup terus-terusan dalam keadaan tersiksa. Setiap kali kulitnya mati terbakar, Allah ciptakan untuknya kulit yang baru. Setiap kali badannya hancur karena siksaan, Allah perbaharui jasadnya.

Lalu, apakah kita sudah mengerahkan segenap daya upaya kita untuk hari penentuan itu kelak?

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *