Hari Belanja Online Nasional, Tapi…

By on Dec 12, 2014
belanja online

Para pelaku e-commerce di Indonesia serempak menyelenggarakan Hari Belanja Online Nasional atau disingkat Harbolnas 2014, sejak pukul 00.00 WIB tanggal 12 Desember 2014.

Tiap toko online membandrol harga dengan mencantumkan diskon yang cukup besar. Bahkan sampai 90 persen. Produk yang ditawarkan dari berbagai kategori mulai dari lifestyle, fashion, gadget, elektronik, travel, properti, dan fesyen, kecantikan, serta kesehatan.

Diharapkan, penyelenggaraan Harbolnas ini bisa merangsang perkembangan dan memajukan ekosistem e-commerce di Indonesia.

Hanya saja, tidak sedikit calon pembeli yang kecewa dengan Harbolnas ini.

Andri, seorang karyawan di daerah Jakarta Selatan mengaku tidak puas dengan harga yang ditawarkan. Ia berniat membeli sebuah produk handphone yang sebelum diskon berkisar seharga Rp 2,3 juta hingga Rp 2,6 juta. Saat ia membuka web e-commerce favoritnya, HP tersebut hanya dibandrol Rp 2,2 juta dengan mencantumkan harga asli Rp 3,5 juta. Andri menilai ada kebohongan di situ.

“Udah nahan-nahan gak belanja HP karena nungguin hari diskon. Pas udah hari H, gak taunya harganya hampir sama, cuma beda tipis. Terus, harga aslinya 2,5 kok ditulis 3,5? Gak jujur nih,” ujarnya.

Beberapa netter lain mengeluhkan hal yang sama. Terutama produk-produk elektronik, mereka tidak menemukan diskon yang besar-besaran seperti yang digembor-gemborkan oleh web e-commerce beberapa hari kemarin. Mereka juga menemukan mark-up harga sebelum didiskon.

“Kirain benar2 diskon, gak taunya cuma “Price game” alias permainan harga doang! Harga dinaikin terus di diskon seolah2 murah, padahal sama saja.” tulis Maulana, seorang netter di sebuah forum.

“Harganya dinaikin dulu 2X Lipat baru di discount 50%? dan itu yang dijual adalah produk lama… selamat berbelanja…” curhat Joshua menanggapi berita sebuah media online tentang Harbolnas di kolom komentar.

“Apanya yang diskon?” Tanya netter yang lain.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *