Para Sahabat Rasulullah, Generasi Bintang Keemasan Sumber Keteladanan

By on Dec 13, 2014
langit malam

Anda orang yang bertipe seperti apa? Apakah Anda orang yang lembut, penuh sopan santun, penyabar dan pantang menyerah? Atau Anda orang yang terbiasa dengan disiplin tinggi dan pekerja keras? Atau Anda orang yang pemalu dan dermawan? Atau Anda tipe pemberani, bernyali tinggi mental baja, dan dilengkapi dengan kecerdasan?

Apapun kepribadian Anda, akan beririsan dengan karakter mulia para sahabat. Karakter-karakter tadi sebenarnya terangkum dalam 4 orang khulafaur rasyidin. Kita temukan para pemimpin setelah Rasulullah saw adalah orang-orang yang bertipe berbeda satu sama lain. Dari Abu Bakar r.a. yang lemah lembut, beralih ke Umar bin Khattab r.a. yang keras, lalu berlanjut ke Utsman bin Affan r.a. seorang dermawan dan pemalu, lalu diteruskan oleh Ali bin Abi Thalib r.a. yang pemberani dan cerdas.

Dari mereka ada keteladanan yang agung. Berceceran episode-episode yang menggugah. Dan apapun karakter kita, sangat cocok bila menjadikan mereka teladan, bersamaan dengan meneladani Rasulullah saw.

Tidak cuma para khilafah, sahabat Rasulullah yang lain pun memiliki keistimewaan. Khalid Muhammad Khalid mengarang buku yang mengupas 60 sahabat Rasulullah saw. Sahabat yang ditulisnya di luar khulafaur rasyidin. Dan di buku tersebut terbaca jelas tiap sahabat memiliki karakter yang menonjol dan istimewa.

Sungguh luar biasa memang, di zaman itu terkumpul orang-orang hebat dengan kepribadian yang agung. Tiap orang memiliki keistimewaannya masing-masing. Wajar Allah takdirkan begitu, karena di awal kemunculannya, agama Islam harus ditopang oleh para pahlawan yang membentuk barisan yang lengkap. Agar tiap sahabat bisa menjadi model/tauladan bagi orang selanjutnya.

Kondisi inilah yang dikatakan Rasulullah saw, “Sebaik-baik manusia adalah pada zamanku, kemudian sesudahnya, kemudian sesudahnya…” (HR Bukhori Muslim)

Dari generasi terbaik itu, ibarat tertebar bintang yang mencerahkan manusia. Dalam hadits dhoif (lemah), berbunyi: ” “Sahabat-sahabatku bagaikan bintang-bintang (di langit). Maka siapa pun di kalangan mereka yang kamu ikuti (teladani), niscaya kamu akan mendapat petunjuk”. (Riwayat Al Baihaqi dan Ad Dailamiy)

Itulah generasi yang pantas kita cintai dan teladani. Maka berhati-hatilah dari sikap dan seruan untuk memusuhi mereka.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *