Hujan Saat Perjalanan Ke Kantor, Kesempatan Untuk Pecahkan Masalah Pekerjaan

By on Jan 22, 2015
hujan

Jangan mengeluh saat hujan turun di tengah perjalanan Anda menuju kantor. Karena selain keluhan Anda tidak akan mengubah keadaan, keluhan itu bisa membuat Anda durhaka pada Tuhan, juga karena ada hal yang lebih baik yang bisa Anda lakukan: berdoa.

Nah, saat keadaan ini Anda temui, yakinlah permasalahan di kantor segera menemui solusinya.

Sebagai muslim, seharusnya Anda percaya dengan kekuatan doa. Itu adalah senjata Anda. Karena dengan berdoa, Anda sudah mengoper “bola panas” hasrat keingan serta permasalahan kepada Penguasa Hidup Anda. Dan Ia Azza wa Jalla senantiasa bersedia merespon bola panas itu. Ia sudah bersabda,

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS Al-Baqoroh 186)

Lalu, mengapa Anda perlu berdoa saat hujan turun dalam perjalanan menuju atau pun pulang dari kantor? Jawabannya karena Anda bertemu dua kesempatan yang baik untuk berdoa, di mana di kesempatan itu peluang doa Anda dikabulkan semakin besar.

1. Dalam Perjalan

Saat dalam perjalanan, dalam kondisi cuaca apa pun baik cerah ataupun hujan, adalah kondisi di mana ke-mustajaban doa sangat besar. Hal ini telah diterangkan oleh Rasulullah saw, dalam sebuah hadits:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ: دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ، وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

“Tiga waktu diijabahi (dikabulkan) do’a yang tidak diragukan lagi yaitu: do’a orang yang terzholimi, do’a yang sedang dalam perjalanan, dan do’a orang tua pada anaknya.” (HR. Ahmad 12/479 no. 7510, At Tirmidzi 4/314 no. 1905, Ibnu Majah 2/1270 no. 3862. Syaikh Al Albani menghasankan hadits ini)

Kondisi berpergian seperti apa, tidak diterangkan secara detail jarak maupun waktunya. Dengan catatan, selama berpergian itu bukan untuk maksiat. Anda yang di kota besar menempuh perjalanan belasan hingga puluhan kilometer ke tempat kerja, tentu dihitung juga sebagai seorang musafir.

2. Saat Hujan

Rasulullah telah mengabarkan,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: do’a ketika adzan dan do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR Al Hakim dan Baihaqi)

Bila di perjalanan menuju kantor Anda menemukan dua kondisi ini, maka tunggu apa lagi, itu adalah kesempatan buat Anda untuk meminta kepada Tuhan agar permasalahan yang Anda temui di kantor baik masalah pekerjaan hingga urusan karir bisa lancar.

Mungkin Anda sedang pusing dengan bug dari aplikasi yang sedang Anda buat? Atau Anda pusing dengan beberapa report yang harus segera dibuat? Atau Anda ingin karir segera meningkat? Manfaatkan kondisi hujan saat perjalanan ke kantor!

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

One Comment

  1. Pingback: Saat Rasulullah Melihat Langit yang Gelap - Muslim Politan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *