Jalan Kaki Untuk Cegah Kerapuhan Tulang

By on Jan 7, 2015
jalan kaki

Kemudahan transportasi membuat semakin jarang orang mau menggerakkan badannya untuk berjalan kaki. Dalam sebuah video parodi, digambarkan tipikal orang Indonesia itu harus naik motor untuk sekedar belanja di warung dekat rumah yang berjarak hanya puluhan meter.

Memang fenomena seperti ini banyak. Di waktu sholat, terparkir beberapa motor di pekarangan masjid. Tetapi rupanya pengguna motor itu masih bertempat tinggal di sekitar masjid. Yang andai pergi ke masjid untuk sholat berjamaah itu ditempuh dengan berjalan kaki, tak kan habis waktu lima menit.

Padahal, kebiasaan berjalan kaki itu penting untuk tulang. Berjalan kaki minimal 10.000 langkah sehari dapat menjaga keseimbangan, membantu mencegah osteoporosis (tulang keropos) dan risiko patah tulang. Ketika berjalan, tulang menopang berat tubuh kita sendiri sehingga melatih tulang tetap kuat dan padat.

Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi tipis, rapuh, keropos dan mudah patah akibat berkurangnya massa tulang, khususnya kalsium. Osteoporosis biasanya didahului dengan osteopenia yaitu kondisi dimana massa tulang mulai menurun. Kekurangan kalsium merupakan penyebab utama osteoporosis.

Dengan berjalan kaki di pagi hari mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dalam tubuh kita. Karena untuk menjaga kesehatan tulang tidak hanya dibutuhkan kalsium dan vitamin D saja, tetapi juga gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki setidaknya 10.000 langkah setiap hari dan terkena sinar matahari pagi sekitar 15 menit sehari. Jika kita lakukan ini secara rutin dan kontinyu, maka tulang kita akan lebih lama bertahan dari ancaman osteoporosis.

Berjalan kaki dianggap sebagai kegiatan menahan beban, yang merangsang dan memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini benar-benar penting, terutama bagi wanita yang lebih rentan osteoporosis. Hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan sendi, sehingga bisa mencegah kondisi seperti artrhritis.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *