Memulai Kerja Setelah Liburan, Ini Tipsnya!

By on Jan 6, 2015
kerja sambil liburan

Setelah menghabiskan liburan yang cukup panjang terutama bila satu pekan lebih, biasanya ada kebiasaan yang berubah dan harus disesuaikan kembali dengan hari-hari kerja. Misalnya waktu tidur (idealnya seorang muslim tak absen untuk bangun pagi sholat shubuh baik hari kerja maupun libur); ada yang terbiasa tidur siang di hari libur, lalu saat kembali kerja ia merasakan kantuk setelah makan siang. Ada juga yang kebiasaan makannya berubah, dan saat kerja harus menyesuaikan dengan jam istirahat kantor.

Begitulah, saat masuk kerja, semua terasa berat karena ada tuntutan penyesuaian siklus. Belum lagi otak yang terbiasa rileks kini harus digenjot untuk menyelesaikan tumpukan tugas.

Tapi ada tips untuk Anda yang kembali masuk kerja setelah menghabiskan liburan yang cukup panjang.

1. Persiapan Yang Baik

Seragam, kendaraan, tas, peralatan kerja, dll harus dipastikan dalam keadaan siap untuk Anda ajak dalam aktivitas-aktivitas yang menyibukkan kembali. Jangan sampai di pagi hari pertama Anda masuk kerja lagi, Anda kelabakan mencari dan mengingat apa yang perlu dipersiapkan untuk masuk kantor. Siapkan semua sehari sebelum masuk. Seragam maupun peralatan kerja, pastikan tersedia. Juga kendaraan.

Termasuk tubuh Anda. Perbaiki siklus tidur sejak tiga hari menjelang masuk kerja. Anda yang terbiasa tidur larut saat liburan, biasakan tidur seperti saat hari kerja. Juga pola makan, dll.

2. Melangkah Ke Kantor Dengan Motivasi

Beban berat yang mengganjal gerak untuk ke kantor itu akan hilang kalau Anda mampu memotivasi diri sendiri. Bayangkan teman yang asyik diajak ngobrol, bayangkan bonus yang menunggu Anda, bayangkan karir yang siap Anda daki, semua itu ada di kantor. Satu lagi, yakinlah ada pengampunan dosa dari Allah swt untuk hamba-Nya yang letih bekerja.

3. Mulai Dengan Tugas Baru

Agar lebih bergairah, baiknya Anda memulai pekerjaan di kantor dengan tugas atau projek yang baru. Sebab tugas yang itu-itu aja tentu saja membosankan. Kondisi Anda yang masih ingin liburan bila dipertemukan dengan pekerjaan yang sudah sering Anda kerjakan akan membuat kantor semakin membosankan. Tetapi bila sehabis liburan Anda bertemu dengan tugas baru, itu serasa Anda menjadi seorang karyawan baru yang siap menunjukkan skill dan kemampuan Anda kepada atasan.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *