Waduh, Jakarta Dinobatkan Sebagai Kota Paling Tidak Aman

By on Jan 29, 2015
jakarta

The Economist Intelligence Unit menggelar riset mengukur tingkat kemanan di 50 ibukota negara. Hasilnya? Jakarta menempati posisi terakhir dalam hal keamanan. Artinya Jakarta dianggap sebagai kota paling tidak aman.

Sebagaimana dikutip dari safecities.economist.com, disebutkan bahwa laporan tersebut didasarkan pada 40 indikator kualitatif dan kuantitatif. Secara tematik, indikator tersebut adalah keamanan digital, kesehatan, keamanan infrastruktur, dan keamanan personal.

“Indikator-indikator ini berkaitan dengan kebijakan masing-masing kota, tingkat belanja masyarakat, serta tingkat kecelakaan kendaraan,” tulis riset tersebut sebagaimana dikutip pada Rabu (28/1/2015).

Sementara itu, pemilihan kota-kota besar yang masuk dalam daftar tersebut didasarkan pada tingkat pengaruh di level regional, serta ketersediaan data.

“Seiring dengan kencangnya pertumbuhan penduduk perkotaan, diperlukan upaya kreatif untuk menjaga keamanan masyarakat kota dengan biaya yang lebih murah,” tulis laporan tersebut.

Berikut adalah daftar kota-kota dengan peringkat keamanan tertinggi dan yang terendah

10 Kota dengan peringkat keamanan tertinggi:
1. Tokyo
2. Singapura
3. Osaka
4. Stockholm
5. Amsterdam
6. Sydney
7. Zurich
8. Toronto
9. Melbourne
10. New York

10 Kota dengan peringkat keamanan terendah:
41. Istanbul
42. Delhi
43. Moscow
44. Mumbai
45. Mexico City
46. Riyadh
47. Johannesburg
48. Ho Chi Minh City
49. Tehran
50. Jakarta

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *