Banjir Jakarta Tutup 75.000 Toko Dan Timbulkan Kerugian Rp 1,5 Triliun

By on Feb 10, 2015
mal kebanjiran

Banjir yang melanda Jakarta akibat hujan yang turun sejak ahad hingga hari ini (selasa, 10/2/2015) telah melumpuhkan aktivitas ekonomi dan perdagangan dan ditaksir membuat kerugian hingga Rp 1,5 triliun per hari.  Data itu dilansir oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

“Banjir yang melanda kota Jakarta dua hari ini, dipastikan sudah melumpuhkan aktivitas ekonomi dan perdagangan. Jalur disribusi stagnan, transportasi lumpuh, transaksi perbankan turun drastis, dan aktivitas perkantoran banyak yang tutup,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang di Jakarta, Selasa 10 Februari 2015.

Angka ini didapat dari perkiraan 75.000 kios dan toko yang tutup yang tersebar di pusat-pusat perbelanjaan di wilayah kota Jakarta, bila rata-rata omzet per toko per hari mencapai Rp 20 juta.

Sarman mengatakan, meskipun mal dibuka, banyak kios yang tutup dan pengunjung sepi. Sebab, transportasi terganggu akibat banjir dan karyawan pusat perbelanjaan yang tidak masuk kerja.

Yang paling terganggu operasionalnya adalah pusat bisnis di Jakarta Utara, seperti Mangga Dua Square, Mal Kelapa Gading Square, dan ITC Mangga Dua. “Sedangkan pusat bisnis wilayah Jakarta Selatan, lebih cenderung tidak separah di wilayah lain,” tuturnya.

Kerugian ini, lanjut Sarman, hanya di sektor perdagangan di sana, tidak termasuk kerugian di sektor distribusi. “Omzet hotel dan restoran juga dipastikan menurun. Transaksi keuangan terganggu dan perkantoran banyak tidak beraktivitas akibat banyaknya karyawan yang tidak masuk kerja,” tambahnya.

Sarman berharap Pemprov DKI sigap mengatasi banjir karena bencana ini mengganggu aktivitas bisnis warga.

“Sebagai kota jasa, Pemprov DKI Jakarta harus dapat segera mengatasi dampak banjir ini karena sudah sangat mengancam kelangsungan bisnis. Dua permasalahan utama Jakarta banjir dan macet menjadi momok yang selama ini mengancam aktivitas bisnis,” pinta Sarman.

“Dengan APBD DKI Jakarta yang mencapai Rp 73 triliun, diharapkan Pemprov tidak mengalami hambatan untuk mempercepat pembenahan drainase di kota Jakarta. Kita berharap penyerapan anggaran tahun ini dapat maksimal, tidak terulang lagi seperti tahun 2014 yang mengakibatkan pembangunan infrastruktur di Jakarta sangat rendah,” pungkasnya.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *