Makanan Ini Baik Untuk Tubuh Hadapi Musim Hujan

By on Feb 26, 2015
makanan musim hujan

Meski intensitas hujan tak sesering pekan-pekan sebelumnya, namun belum bisa dibilang saat ini musim hujan sudah berlalu. Musim hujan masih menggerayangi kawasan Nusantara, dan penyakit yang menyertainya seperti flu dan batuk masih mewabah di masyarakat.

Karena itu ketahanan tubuh perlu diperkuat. Salah satunya dengan memilih menu makanan yang tepat yang mampu membuat tubuh kita bertahan dari serangan penyakit di musim hujan ini. Berikut ini beberapa pilihan makanan untuk musim hujan.

1. Sup, Soto, atau Makanan yang Berkuah Hangat

Indonesia punya makanan khas yang berkuah hangat. Seperti soto, bakso, dll. Makanan berkuah hangat seperti sup mampu membuat tubuh terasa lebih enakan terutama saat pilek dan hidung tersumbat. Apalagi kandungan Allicin yang ada pada bawang putih yang menjadi salah satu bumbu dalam makanan itu berguna untuk melawan bakteri dan infeksi.

2. Bawang Putih

Telah disinggung di atas, bawang putih mengandung zat Allicin yang melawan bakteri dan infeksi. Satu penelitian di Inggris menyimpulkan konsumsi bawang putih membuat kemungkinan terserang flu turun 66 persen dibandingkan tak mengkonsumsinya. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang makan lebih dari enam siung bawang putih seminggu maka pertumbuhan kanker perutnya juga melambat sepertiga dibanding tak mengkonsumsi.

3. Teh

Dalam sebuah penelitian Harvard, mereka yang minum lima cangkir teh hitam sehari selama dua minggu memiliki sepuluh kali kekuatan dalam melawan virus interferon dalam darah dibandingkan dengan peserta yang minum minuman panas biasa. Teh hitam dan hijau sama-sama mengandung L-theanine, asam amino yang larut dalam air yang membangun protein dan sistem kekebalan tubuh.

4. Ikan

Ikan mengandung selenium. Zat ini membantu sel darah putih memproduksi sitokin, jenis protein yang membersihkan tubuh dari virus flu. Ikan jenis salmon, mackerel, dan herring mengandung lemak omega-3 yang mengurangi peradangan, meningkatkan aliran udara, dan melindungi paru-paru dari flu dan infeksi pernapasan.

5.  Yoghurt
Studi Universitas Vienna, Austria, menyebutkan mengkonsumsi 2 ons yoghurt sehari sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat kekebalan tubuh. Makanan ini mengandung bakteri sehat yang menjaga usus dan salurannya dari penyakit karena bakteri dan kuman.

6. Daging Sapi

Daging sapi adalah sumber seng yang sangat baik. Seng membantu perkembangan sel-sel darah putih. Mereka yang kekurangan seng ringan lebih rentan terhadap infeksi.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *