Agar Bisa Istiqomah Untuk Sholat di Awal Waktu

By on Mar 17, 2015
sholat berjamaah

Bisa menjaga sholat di awal waktu di tengah kesibukan adalah bukti bahwa kita memprioritaskan Allah dan hari akhir dalam hidup ini. Sikap sigap menyambut seruan Allah membuat kita begitu pantas menjadi orang yang doanya dikabulkan oleh Allah swt. Karena Allah Maha Mensyukuri. Sejengkal kita mendekat pada-Nya, maka Ia akan mendekat sedepa (seperti firman-Nya dalam hadits qudsi).

Sholat di awal waktu adalah amalan mulia. Rasulullah saw pernah ditanya oleh Abdullah Ibnu Mas’ud RA tentang hal ini.

“Aku bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdhal?” Beliau menjawab, “Shalat tepat pada waktunya.” Aku bertanya lagi, “Lalu apa lagi?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Aku bertanya lagi, “Kemudian apa lagi, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.”(HR. Bukhari)

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita senantiasa menjadi orang yang senantiasa sholat di awal waktu.

1. Niat dan Azzam yang Kuat

Tentu harus ada motivasi terlebih dahulu. Tak hanya sekedar niat, tapi harus diwujudkan dalam azzam atau tekad yang kuat.

2. Install Aplikasi Jadwal Sholat di Gadget

Ada banyak aplikasi yang berfungsi mengingatkan saat waktu sholat datang. Apa pun sistem operasi gadget anda, mudah dicari aplikasi yang berfungsi seperti itu. Manfaatkanlah untuk membantu Anda sholat di awal wktu.

3. Gunakan Alarm

Anda juga bisa menyetel alarm untuk mengingatkan bahwa waktu sholat segera tiba. Kekurangannya, jadwal sholat cepat berubah. Anda harus rajin mengoreksi waktu alarm Anda dengan jadwal sholat.

4. Punya Teman yang Membantu Mengingatkan Sholat

Bergaullah dengan orang juga menjaga waktu sholatnya. Bila Anda di kantor, sangat membantu bila punya teman yang sama-sama menjaga waktu sholat. Anda dan teman-teman akan saling mengingatkan dan saling mengajak untuk beranjak ke mushola atau masjid terdekat.

Kalau tidak ada, inisiatiflah untuk mengajak teman muslim sama-sama menjaga sholat di awal waktu.

5. Berdoa

Mintalah kepada Allah swt agar dimudahkan untuk sholat di awal waktu. Anda bisa membaca doa agar terhindar dari sifat malas.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal ‘ajzi, wal kasali, wal jubni, wal haromi, wal bukhl. Wa a’udzu bika min ‘adzabil qobri wa min fitnatil mahyaa wal mamaat. (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Bukhari no. 6367 dan Muslim no. 2706)

Atau doa meminta petunjuk amal yang dicintai Allah swt. Sholat di awal waktu termasuk amalan yang dicintai Allah swt.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَالْعَمَلَ الَّذِى يُبَلِّغُنِى حُبَّكَ
اللَّهُمَّ اجْعَلْ حُبَّكَ أَحَبَّ إِلَىَّ مِنْ نَفْسِى وَأَهْلِى وَمِنَ الْمَاءِ الْبَارِدِ
(رواه الترمذي وقال حديث حسن)

“Allaahumma innii as’aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wal ‘amalal-ladzii yubbaligunii hubbaka. Allaahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahlii wa minal-maa’il-baarid.”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon pada-Mu cinta-Mu dan cinta orang yang mencintai-Mu, amalan yang mengantarkanku menggapai cinta-Mu. Ya Allah, jadikan cinta-Mu lebih aku cintai melebihi cintaku pada diriku sendiri, keluargaku, dan air dingin.” (HR. At-Tirmidzi)

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *