Bandung dan Gaza Akan Menjadi Kota Kembar

By on Mar 12, 2015
Bandung Gaza Sister City

Walikota Bandung Ridwan Kamil memilih kota Gaza sebagai sister city bagi kota yang dipimpinnya. Penjajakan sister city atau kota kembar ini dilakukan dalam rangka peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika yang mengusung tema solidaritas pada 24 April 2015 mendatang.

“Lagi persiapan dulu karena harus ada action plan-nya,” kata pria yang sering disapa Kang Emil, di Balai Kota Bandung, Jumat (6/3/2015).

Menurut Emil, kerjasama yang paling dimungkinkan dengan Gaza adalah masalah pengelolaan birokrasi dan desentralisasi yang saat ini tengah dikembangkan oleh Kota Bandung. Pemilihan kota Gaza sendiri sesuai dengan instruksi dari presiden.

“Karena keputusan dari Presiden, kita harus solidaritas dengan Palestina, terutama di KAA ini. Itu level negara. Untuk konflik kota kita pilih Gaza,” jelasnya.

Kang Emil tak memikirkan keuntungan yang didapat dalam kerjasama tersebut. Baginya, kerjasama itu murni sebagai wujud solidaritas. “Tidak banyak, lebih banyak ke Gaza. Bandung zaman sekarang adalah pusat peradaban baru, yaitu solidaritas Asia Afrika,” jawabnya saat ditanya tentang keuntungan yang didapat oleh Bandung.

Jika kerjasama tersebut benar-benar terwujud, Gaza merupakan kota pertama di Timur Tengah yang menjalin ‘sister city’ dengan Kota Bandung. Selama ini Kota Bandung baru menjalin kerjasama dengan kota di negara-negara di benua Eropa, Amerika, dan Asia Timur.

Sister city atau kota kembar adalah konsep penggandengan dua kota yang berbeda lokasi dan administrasi politik dengan tujuan menjalin hubungan budaya dan kontak sosial antarpenduduk.

Kota kembar umumnya memiliki persamaan keadaan demografi dan masalah-masalah yang dihadapi. Konsep kota kembar bisa diumpamakan sebagai sahabat pena antara dua kota. Hubungan kota kembar sangat bermanfaat bagi program pertukaran pelajar dan kerjasama di bidang budaya dan perdagangan.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *