Depok Akan Turut Berpartisipasi Dalam Earth Hour

By on Mar 27, 2015
earth hour

Depok akan turut berpartisipasi dalam aksi Earth Hour yang akan digelar selama satu jam pada Sabtu, 28 Maret 2015.

Tahun lalu, aksi yang digelar didepok adalah selebrasi mematikan lampu selama satu jam di Balai Kota Depok. Tahun ini aksi serupa akan digelar namun mengambil tempat di Taman Lembah Gurame. Aksi ini dimulai sejak pukul 19.00 WIB hingga selesai.

“Earth Hour Depok memilih Taman Lembah Gurame sebagai lokasi diselenggarakannya Aksi Selebrasi Earth Hour 2015 karena ingin mengenalkan kembali Taman Kota Depok, dan mengisi kegiatan yang lebih bermanfaat di sana. Kami akan mengajak beberapa elemen dari Pemerintah Kota Depok, komunitas, pelajar, dan masyarakat untuk turut hadir,” kata Koordinator Kota Earth Hour Depok Muhammad Fajrussalam, melalui keterangan pers, Jumat (27/3/2015).

Tak hanya aksi mematikan lampu, Earth Hour nanti juga akan diisi oleh penampilan dari komunitas, dan ada juga semacam presentasi singkat mengenai lingkungan di Kota Depok. Di penghujung acara, para peserta aksi Earth Hour akan diberikan bibit pohon untuk ditanam.

“Jadi, silakan datang ke Taman Lembah Gurame pada tanggal 28 Maret 2015 dimulai dari pukul 19.00 WIB untuk mengikuti rangkaian kegiatan Aksi Selebrasi Earth Hour 2015,” imbuhnya.

Earth Hour adalah gerakan yang berupa inisiatif global untuk mengajak masyarakat dan pemerintah untuk turut serta mematikan lampu dan peralatan elektronik selama satu jam pada setiap hari Sabtu terakhir di minggu ketiga bulan Maret setiap tahunnya. Earth Hour dilaksanakan pada hari Sabtu agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat di hari kerja, dan juga agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam gerakan ini. Pada tahun ini, Earth Hour jatuh pada 28 Maret 2015.

Gerakan Earth Hour sendiri dimulai di Australia pada 2007 dan telah menjamur di berbagai belahan dunia hingga Indonesia. Gerakan ini mengampanyekan aksi mematikan lampu selama satu jam sebagai upaya menjaga Bumi yang bekelanjutan dengan melakukan penghematan energi dan peduli serta cinta lingkungan.

Di Indonesia, gerakan Earth Hour telah memiliki perwakilan komunitas di beberapa kota besar di Indonesia. Saat ini sudah tersebar hingga di lebih dari 30 kota di Indonesia. Masing-masing komunitas di tiap kota memiliki kegiatan dengan tema khas menjaga Bumi yang berkelanjutan. Contohnya adalah komunitas Earth Hour Indonesia yang sudah mulai mengampanyekan pra-selebrasi Earth Hour dengan bekerjasama dengan PT KRL Indonesia dan memasang poster khas Earth Hour di salah satu gerbong KRL Jakarta-Bogor.

“Ada juga komunitas Earth Hour Surabaya yang mengampanyekan konservasi hutan bakau (mangrove), komunitas Earth Hour Padang yang mengampanyekan konservasi Penyu. Earth Hour Depok juga tidak mau ketinggalan,” pungkas Muhammad Fajrussalam.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *