Ini Jenis Usaha Pilihan Wanita

By on Mar 23, 2015
usaha kuliner muslimah

Memang ada beberapa jenis usaha yang berhubungan gender tertentu. Contohnya montir atau usaha bengkel, yang kebanyakan pelakunya adalah pria. Laki-laki dan wanita memang punya tenaga yang berbeda, sehingga mempengaruhi keputusan mereka memilih jenis usaha.

Lalu kira-kira para wanita banyak memilih usaha apa?

Dikutip dari antara, kaum hawa rupanya banyak memilih menjalankan usaha di bidang kuliner. Alasannya karena usaha ini dianggap dekat dengan keseharian seorang ibu rumah tangga.

Pengakuan itu disampaikan oleh Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Nita Yudi. “Jumlah perempuan pengusaha di bawah naungan Iwapi ada sekitar 30 ribu, mayoritas bergerak di bidang kuliner, garmen dan kerajinan tangan,” ujarnya, di Jakarta, Senin (23/3/2015).

Nita mengatakan kebanyakan perempuan memiliki bekal mengawali usaha kuliner karena biasa memasak untuk keluarga dan kegiatan-kegiatan komunitas seperti arisan.

“Nah, kalau kebanyakan orang bilang enak, biasanya mereka mulai membuka usaha katering. Ditambah mereka juga memiliki kebutuhan untuk anak sekolah dan keperluan sehari-hari,” katanya.

Ia mengatakan Iwapi memotivasi perempuan untuk memanfaatkan peluang pasar yang sangat besar di dalam negeri.

“Perempuan itu biasanya kalau kepepet baru bergerak. Itulah tugas kami untuk memotivasi perempuan-perempuan untuk jadi pengusaha, terutama di kampus-kampus. Jadi, setelah lulus harus jadi job maker (pencipta pekerjaan) jangan hanya job seeker (pencari kerja),” kata Nita.

Sumber: Antaranews

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *