Keren, Bekasi Akan Bangun Aeromovel

By on Mar 26, 2015
aeromovel

Pernah dengar kata aeromovel? Kedengarannya keren. Itu adalah alat transportasi massal kereta api gerak udara. Dan siapa sangka, Bekasi yang sempat jadi bahan bully netizen akan membangun sarana transportasi itu.

Pihak Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat telah menggelar pertemuan lanjutan bersama tiga perusahaan yang menginisiasi kegiatan itu, yakni PT Publik Privat Partership, PT Intiadi Dwi Mitra Sejahtera, dan PT Cakar Bumi Integrasi, pada Rabu (25/3) di Pemkot Bekasi.

“Kesepakatan kerja sama telah dijalin antara perusahaan konsorsium bersama dengan kami pada 19 Maret 2015. Saat ini telah mamsuki tahapan perencanaan pembangunannya,” kata Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu, di Bekasi, Rabu 25 Maret 2015.

Pertemuan lanjutan itu membahas tentang sinergitas antara pihak investor dari tiga perusahaan tersebut bersama dengan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pemerintah Bekasi.

“Saya berharap rapat pembahasan kali ini memberikan hasil yang baik untuk perencanaan pembangunan aeromovel,” katanya.

Menurutnya, proyek aeromovel yang memakan dana investasi senilai Rp2 triliun itu diproyeksikan berlangsung pengerjaan fisiknya pada Februari 2016 mendatang dan ditargetkan memakan waktu pengerjaan selama dua tahun.

“Saya berharap rencana kerja mewujudkan aeromovel ini harus ada pengetatan jadwal untuk dijadikan pedoman, bukan hanya jadwal di atas kertas,” katanya.

Sementara itu, trayek moda transportasi aeromovel itu rencananya akan membentang dari Perumahan Kemang Pratama, Bekasi Selatan menuju ke kawasan utara di Perumahan Harapan Indah, Kecamatan Bekasi Utara sepanjang 24 kilometer.

Kereta yang memiliki dua rangkaian gerbong dengan daya menampung 300 orang itu akan melaju di rel gantung setinggi lima meter dari permukaan tanah.

Aeromovel merupakan kereta yang berjalan dengan tenaga angin. Contoh kereta jenis ini ada di Taman Mini Indonesia Indah. Sistem ini dirancang erdasarkan gagasan Mr.Oscar Coester dari Brasil. Sistem ini memiliki berbagai keunggulan dibangdingkan sistem-sistem yang kini sudah digunakan atau tangah dikembangkan di berbagai negara maju.

Salah satu keunikan sistem ini adalah pemamfaatan  tenaga dorong-hisapudara sebagai penggerak. Gagasan ini banyak diilhami oleh prinsip bergeraknya sebuah perahu layar di laut lepas.

Disadur dari AntaraNews & Wikipedia

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *