Mengurus Rumah Melalui Gadget? Bisa Dengan Smarthome

By on Mar 3, 2015
smarthome

Sebuah inovasi teknologi membuat Anda semakin mudah mengurus rumah dengan mengandalkan smartphone atau gadget. Teknologi itu dinamakan Smarthome. Sebuah konsep yang tengah ramai diperbincangkan di mancanegara. Perusahaan riset global yang berbasis di AS, Allied Market Reseach memperkirakan, pasar untuk bangunan atau gedung dengan konsep smart telah mengalami lonjakan nilai hingga USD7 miliar.

Angka tersebut diperkirakan akan terus tumbuh menjadi USD35,5 miliar pada tahun 2020, yang mana merepresentasikan CAGR (Compound Annual Growth Rate) hingga sebesar 29,5 persen. Pada periode yang sama, wilayah Asia-Pasifik diperkirakan akan mengalami pertumbuhan tertinggi, yakni 37,7 persen.

Smarthome adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada gedung atau rumah tinggal anda.

Dengan sistem ini, Anda dapat menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga. Perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar merah infra, atau melalui kendali jarak jauh (remote). Penerapan sistem ini memungkinkan Anda untuk mengatur suhu ruangan melalui termostat pada sistem pemanas atau penyejuk hawa, sehingga memberikan suasana “adanya kehidupan” meski sebenarnya Anda dan seisi rumah sedang tidak ada di tempat.

Anda juga dapat mengatur buka-tutup tirai yang mengunakan motor, mengatur penerangan di dalam atau luar rumah, mengawasi seluruh aktivitas yang terjadi di rumah, atau mudahnya, bisa diartikan bahwa Anda mengatur semua prasarana rumah atau kantor Anda yang menggunakan sumberdaya listrik sebagai pembangkit kerjanya.

Perancangan Smarthome tidak harus sejak dari awal membangun rumah. Sebab Smarthome juga bisa dipasang pada rumah yang sudah jadi. Caranya tinggal mengganti saklar yang lama tanpa perlu merusak bangunan.

Perencanaan dengan menggunakan teknologi smart home harus dimulai dengan pengaturan kabel-kabel elektronik pada tahap pembangunan rumah Anda. Sebelum rumah Anda mulai pembangunan, penentuan terhadap alat-alat elektronik harus direncanakan dan dipertimbangkan. Seperti alat-alat elektronik yang ingin digunakan dan lokasi alat-alat elektronik itu ditempatkan.

Setelah menentukan alat-alat elektronik yang Anda ingin gunakan, tahap kedua adalah pengaturan kabel-kabel elektronik harus juga dipertimbangkan ketika arsitektur merancang rumah Anda. Ini dikarenakan teknologi smart home memerlukan semua koneksi kabel alat-alat elektronik yang ingin dikontrol lewat sistem smart home dan dipusatkan pada unit kontrol utama.

Sangat menarik bukan? Di Indonesia sendiri konsep ini masih terhitung baru, karena masih banyak miskonsepsi yang beredar tentang definisi konsep ini. Mungkin Anda ingin menjadi bagian yang pertama menerapkan konsep ini untuk rumah Anda?

Dari berbagai sumber

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *