Rencana Kota Kembar Bandung-Gaza Disambut Warga

By on Mar 12, 2015
Bandung Gaza Sister City

Rencana Walikota Bandung Ridwan Kamil menggandeng Gaza untuk menjadi sister city bagi kota Bandung mendapat tanggapan positif dari warganya. Kerjasama kota kembar ini dalam rangka peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika yang mengusung tema solidaritas pada 24 April 2015 mendatang. (Baca Juga: Bandung dan Gaza Akan Menjadi Kota Kembar)

Indra Kusuma, Warga Bandung yang berdomisili di Sindangjaya mengungkapkan antusiasmenya.

“Bandung dan Gaza adalah dua icon kota perlawanan terhadap imperialisme. Bandung dikenal dengan Bandung Lautan Api yang merupakan perlawanan terhadap imperialis Belanda. Karena jiwa tak sudi Kota Bandung dijajah, penduduknya lebih memilih membakar kota. Bahkan, ada Moh Toha yang melakukan “bom syahid” dengan meledakkan gudang persenjataan Belanda di Bandung,” ungkapnya mengenang semangat juang penduduk Bandung yang ia bandingkan dengan Gaza.

“Bandung pun terkenal dengan Konferensi Asia Afrika yang menginspirasi kemerdekaan berbagai negara di seluruh dunia. Saat ini, misi KAA belum tuntas karena masih ada negeri terjajah bernama Palestina, dengan Gaza sebagai icon kota perlawanannya,” lanjutnya.

“Ide Ridwan Kamil untuk menjadikan Bandung-Gaza sebagai Sister City di momentum peringatan KAA adalah gagasan brilian yang akan menggelorakan api semangat negara-negara di dunia untuk menghapuskan penjajahan di Palestina,” pungkas Indra menyambut baik gagasan Kang Emil.

Tanggapan positif juga datang dari Syauqi.

“Yang pasti menurut ane tantangan terbesarnya ada pada transfer teknologi ke Gaza, karena pemerintah baru mesir yang kurang kooperatif dengan pemerintahan Gaza,” ujar warga Bandung Timur ini.

“Kalau itu bisa di overcome, konsepnya akan baik.
Kemarin misalnya Kang Emil pernah propose dann ngajak ane untuk bikin Gaza Berkebun, dengan konsep yang sama dengan Indonesia Berkebun untuk menunjang kebutuhan pangan,” tambahnya.

Apresiasi juga datang dari Rizaldi Latief, warga Pungkur. “Saya sangat mengapresiasi penjajakan Sister City Gaza – Bandung. Sejarah kedekatan Bandung dengan Palestina sudah ada sejak zaman dulu. Sekarang sudah saatnya kita bergandengan tangan menopang kemerdekaan Gaza. Karena penjajahan diatas dunia harus di hapuskan. Sebagaimana amanat undang undang dasar 1945,” ungkap pengusaha Umroh berlabel Jejak Imani ini.

Warga sekitar kota Bandung yang sering berkunjung ke kota ini pun menyambut baik andai rencana walikota Bandung itu terwujud. Seperti Dini, warga Cimahi yang berharap bisa lebih mudah¬† mendapat informasi tentang kondisi gaza. “Jadi kita bisa cepat membantu & semangat perjuangan masyarakat gaza bisa menginspirasi warga bandung,” ujarnya.

Warga berharap rencana ini benar-benar terealisasi karena memberikan efek baik bagi Gaza. “Jangan sampai rencana hanya sekedar rencana, tanpa ada realisasi,” pinta Rendy Kharisma.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *