Yang Perlu Diperhatikan Saat Berolahraga di Malam Hari

By on Mar 10, 2015
olahraga malam hari

Ada yang beranggapan melakukan olahraga sebelum tidur dapat mengganggu waktu tidur Anda. Atau menyebabkan insomnia (gejala susah tidur). Padahal kenyataannya tidak begitu. Sebuah penelitian terbaru dari National Sleep Fondation – seperti dikutip merdeka.com – menunjukkan bahwa orang yang berolahraga pada waktu apapun sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada orang yang tak pernah berolahraga.

Bagi sebagian orang, malam hari memang merupakan pilihan waktu satu-satunya untuk berolahraga. Terutama setelah pulang kantor. Biasanya pekerja kantoran akan mampir ke tempat fitnes atau tempat futsal sebelum sampai di rumah sepulang bekerja. Dan kalau memiliki alat olahraga di rumah, tentu lebih nyaman berolahraga di rumah sendiri.

Ada beberapa tips untuk Anda yang melakukan olahraga di malam hari.

1. Perbanyak minum air putih

Manfaatnya adalah untuk mempercepat pendinginan suhu tubuh sehingga tubuh kembali normal.

2. Jangan terlalu lelah

Bila esok hari masih hari kerja, jangan terlalu keras melakukan olahraga. Agar Anda tidak terlalu letih sehingga bangun kesiangan. Atau yang lebih buruk lagi, Anda jadi malas masuk kerja karena badan pegal-pegal.

Terutama bagi seorang muslim, Anda harus melakukan sholat shubuh. Bagi pria tentu yang terbaik adalah melakukan sholat shubuh di masjid. Idealnya, olahraga yang dilakukan tidak sampai membuat Anda malas untuk bangun di sepertiga akhir malam.

3. Beri jeda waktu yang cukup sebelum tidur

Pakar memberi saran agar jangan segera tidur setelah olahraga. Tapi beri jeda waktu dua hingga tiga jam agar suhu tubuh dan detak jantung kembali normal. Dan Anda pun bisa tidur dengan kondisi ideal begitu.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *