Alami Mimpi Buruk? Mungkin Anda Sedang Depresi Atau Insomnia

By on Apr 7, 2015
Man in bed with nervous look

Suka mengalami mimpi buruk? Hati-hati, bisa saja itu gejala depresi. Sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa gejala depresi dan insomnia menjadi sebab seseorang dibayangi mimpi buruk dalam tidurnya.

Studi tersebut dipublikasikan dalam Jurnal Sleep. Menurut survey, dari 3,9 persen partisipan yang berkali-kali mengalami mimpi buruk dalam kurun waktu 30 hari, 28,4 persen di antaranya menderita gejala depresi berat dan 17,1 persen insomnia.

Kemudian, dari 3,9 persen partisipan yang mengalami mimpi buruk ini, 4,8 persen adalah perempuan dan 2,9 persen laki-laki.

“Studi kami memperlihatkan hubungan jelas antara kesejahteraan dan mimpi buruk. Studi ini merupakan bukti adanya hubungan antara mimpi buruk dan depresi, juga analisis tentang mimpi buruk dan ukuran kepuasan hidup dan kesehatan,” kata ketua penulis studi sekaligus peneliti dari Centre for Cognitive Neuroscience Universias Turku, Finlandia, Nils Sandman.

Hasil ini didapat setelah para peneliti menganalisa data dari dua survei yang dilakukan pada 2007 dan 2012. Survei melibatkan 13.992 orang dewasa berusia 25 dan 74 tahun. Dari jumlah ini 53 persen di antaranya ialah perempuan. Sandman mencatat, hasil ini meningkatkan kemungkinan investigasi lanjutan di masa depan.

“Mungkin saja mimpi buruk dapat berfungsi sebagai indikator depresi sebelum diagnosa. Karena mimpi buruk, insomnia dan depresi seringkali muncul bersamaan, mungkinkah mengatasi semua masalah ini dengan intervensi mengatasi mimpi buruk semata,” ujar Sandman seperti dilansir laman eurekalert.org.

American Academy of Sleep Medicine melaporkan, mimpi buruk seringkali membangkitkan kecemasan dan ketakutan. Gangguan ini bisa terjadi saat seseorang mengalami mimpi buruk berulang karena adanya terganggunya fungsi sosial.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *