Hello… Kini Facebook Sudah Bisa Dipakai Untuk Menelepon

By on Apr 24, 2015
Hello facebook

Facebook makin memperkaya fitur yang dimilikinya. Setelah sukses di whatsapp, kini layanan telepon melalui internet juga diaplikasikan di Facebook. Namun layanan ini belum beredar luas. Baru terbatas dimiliki oleh pengguna Android.

Facebook memberi nama aplikasi itu “Hello”. Dan kini sudah tersedia di PlayStore. Dengan Hello, pengguna Android yang terdaftar dalam jejaring sosial Facebook bisa menelepon siapa saja lewat jaringan wifi.

Aplikasi Hello memiliki tiga fitur kunci. Pertama, pengguna bisa mengandalkan Facebook untuk mengidentifikasi panggilan yang masuk, meskipun mereka tidak berteman di Facebook. Lalu, pengguna dipermudah mengidentifikasi panggilan sehingga bisa mengantisipasi telepon yang tidak diinginkan. Di dalamnya juga terdapat fitur pencarian yang canggih sehingga pengguna bisa mencari nomor telepon tertentu.

Aplikasi VoIP ini sejatinya memang telah lama ada namun kala itu masih terintegrasi dengan Facebook Messenger. Kini Facebook memisahkannya meski keduanya masih tetap terhubung. Artinya, jika ada panggilan yang terlewatkan maka pengguna bisa merespon missed call itu menggunakan Messenger.

Di dalamnya juga ada fitur blokir panggilan. Namun begitu Hello tidak benar-benar melakukan pemblokiran, hanya mengarahkan panggilan yang masuk ke voice mail.

Inti dari aplikasi ini adalah membuat Facebook sebagai pusat dari segalanya. Ada empat menu utama di aplikasi itu yakni Recent Calls, Dialer, Contact dan Settings. Saat panggilan masuk, Facebook akan terlebih dahulu mencocokkan dengan profil pengguna. Jika cocok, dan pengguna mengizinkan datanya dimunculkan di layar pengguna lain, maka foto dan profil mini penelepon akan muncul di layar ponsel. Pengguna bisa melihat wajah, tempat tinggal, teman yang sama, dan info lainnya. Setelah panggilan berakhir, barulah pengguna bisa melihat informasi lengkap dari si penelepon, termasuk alamat email dan situs pribadi, jika ada.

“Kami belum berpikir untuk memonetisasi aplikasi ini. Misi kami hanya ingin membuat dunia semakin terbuka dan terkoneksi satu sama lain. Saya rasa itu misi utama kami,” ujar Product Manager Facebook, Andrea Vaccari.

Saat ini ada sedikitnya empat penyedia pesan instan yang memiliki fitur panggilan suara. Selain Whatsapp, Google Hangout juga punya dan sekarang telah mencapai 5 juta download. Aplikasi Viber dan Skype juga merupakan layanan VoIP dan bisa digunakan di Android. Masing-masing memiliki 100 juta dan 500 juta download.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

One Comment

  1. Pingback: Facebook Siap Bercerai dengan Blackberry - Muslim Politan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *