Kreatif Bersedekah Tiap Hari

By on Apr 23, 2015
sedekah

Manusia telah dianugerahi oleh Allah swt jasad yang baik. Dengan jasad itu, manusia mampu membangun peradaban di bumi. Hal yang tidak mampu dibangun oleh makhluk selain manusia. Dalam surat At-Tiin, disebutkan bahwa manusia diciptakan berada pada kondisi yang terbaik.

Jasad yang bagus ini kemudian diamanatkan agar senantiasa bersedekah tiap hari.

Bentuk sedekah tak hanya berupa pemberian harta. Sedekah berasal dari bahasa Arab yang memiliki akar kata shodaqo, yang berarti sesuatu yang benar atau jujur. Pemberian dari seorang muslim kepada orang lain dengan ikhlas diartikan sebagai pembenar keimanan, karena Allah swt memerintahkan itu. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah bersabda, “sedekah itu adalah bukti iman.” Sedekah membenarkan keimanan.

Hadits berikut ini bisa menjadikan acuan bagi kita untuk senantiasa bersedekah tiap hari.

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah ”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedikit sample cara bersedekah di atas sudah menjelaskan bahwa pada dasarnya setiap kebaikan yang kita lakukan untuk orang lain maka itu sedekah.

Sejak pagi hari, atau sejak seorang karyawan bersiap pergi ke kantor, ada banyak sedekah yang bisa dikerjakan. Membantu istri menyiapkan sarapan untuk anggota keluarga adalah sedekah. Lalu saat keluar rumah, kita senyum dan menyapa saat bertemu tetangga adalah sedekah. Mengalah memberi jalan untuk kendaraan lain di jalan raya adalah sedekah.

Datang lebih awal di kantor dan kemudian menyempatkan diri untuk sholat dhuha, adalah sedekah. Berbagi cemilan dengan rekan kerja adalah sedekah. Bahkan membantu tim dengan kerja yang cepat, inovatif, dan ide-ide kreatif adalah sedekah.

Ada banyak hal yang bisa kita kerjakan dalam rangka sedekah. Satu hal kuncinya, jangan lupa lakukan semua itu ikhlas diniatkan untuk mendapat ridho Allah swt. Dan kewajiban bersedekah itu pun telah kita tunaikan.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *