Tangerang Turut Bangun Jaringan Smart City Asia Afrika

By on Apr 24, 2015
smart city

Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika akan dilanjutkan dengan pengembangan smart city di Asia Afrika pasca dideklarasikannya The Bandung Declaration on Smart Cities Network. Salah satu kota yang berpartisipasi dalam jaringan itu adalah Tangerang.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah dalam keterangan resminya menyatakan bahwa smart city ini akan mengurangi kesenjangan pada negara-negara di dunia.

“Intinya kita akan bangun jejaring kota pintar di Benua Asia dan Afrika. Sehinga kita bisa mengurangi kesenjangan diantara negara di dunia,” ujarnya Jumat (24 April 2015).

Arief sendiri turut bersama 24 wali kota di Asia – Afrika telah mendeklarasikan The Bandung Declaration on Smart Cities Network saat penutupan acara Asia Africa City Summit (AACS).

Deklarasi tersebut berisi tentang lima poin yakni mendorong komitmen dalam mengembangkan dan membangun model smart city dengan saling berbagi pengetahuan, manajerial dan teknologi khususnya oleh para pemerintah daerah, akademisi, pelaku bisnis, industri dam komunitas-komunitas di Asia Afrika.

Kedua yakni mengenai sistem yang ramah lingkungan agar setiap pihak menciptakan sistem yang ramah energi, pelayanan publik sekaligus penggunaan sumber energi terbarukan.

Ketiga yaitu mengajak setiap pihak melakukan investasi dan mengembangkan masyarakat yang cerdas melalui pendidikan dan kesehatan lebih baik.

Poin keempat adalah mendorong pemanfaatan ekonomi cerdas sekaligus memberi dukungan bagi generasi muda yang cerdas dalam meningkatkan kreatfifitas dan kewirausahaan.

Untuk poin kelima yakni menekankan agar setiap kota melanjutkan jaringan dan kemitraan yang kolaboratif dalam pembangunan smart city. 

Sementara itu, untuk Ketua Smart Cities Network adalah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

“Kami tidak akan berhenti pada deklarasi ini, selanjutnya kita akan menyuarakan hak-hak kita dalam Mayor Forum di New York bulan Juni,” ujarnya.

Sumber: Antara

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *