Teknologi Milik Facebook dan Google Dapat Deteksi Korban Gempa Nepal

By on Apr 27, 2015
facebook google

Facebook dan Google turut berpartisipasi dalam membantu evakuasi dan pendataan korban gempa Nepal yang terjadi pada akhir pekan lalu. Gempa tersebut telah menimbulkan korban tewas dan luka-luka mencapai puluhan ribu orang.

Dikutip Engadget,, fitur yang dimiliki Facebook yaitu  Sefety Check memungkinkan pengguna atau akun Facebook mencek list ke daftar tools tersebut berkaitan dengan gempa di Nepal. Ini seperti daftar untuk melihat korban yang selamat.

Cara Kerjanya sendiri adalah, jika pengguna Facebook berada di dekat bencana alam, dia dapat memberi tahu teman bahwa Anda selamat dan turut juga memeriksa untuk mengetahui apakah mereka juga selamat.

Sementara Google Person Finder lebih sederhana lagi. Seperti mesin pencarinya, namun pengguna dapat mengetikkan nama seseorang untuk mencari tahu apakah dia selamat atau tidak.

Tak hanya itu, pengguna yang kebetulan mengetahui kabar terakhir dari dirinya dan teman lainnya juga dapat memasukan daftar nama ke tools tersebut.

Google juga mencantumkan cara untuk mendapatkan informasi terkini dari korban dengan cara mengirimkan SMS ke nomor yang ditampilkan di laman depan.

Sumber: CNNIndonesia

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *