Hal Romantis yang Dirahmati Allah

By on May 6, 2015
sholat bersama pasangan

Setiap ekspresi cinta kepada pasangan, bisa dikatakan sebagai romantis. Tentu saja sikap romantis yang diridhoi oleh Allah swt adalah yang dilakukan dalam hubungan yang halal antara suami dan isteri.

Kalau ditanya, apa tindakan romantis terhebat seorang suami/isteri kepada pasangannya, kira-kira apa jawaban pembaca?

Amat disayangkan kalau hal romantis yang dilakukan oleh seorang suami/isteri tidak mampu menjaga hubungan pasangan itu berlangsung lama. Manisnya cuma sebentar.

Tetapi hal romantis yang bisa menjaga hubungan bertahan lama, itu baru romantis yang hebat. Yaitu yang hubungannya tak hanya bertahan di dunia, tapi juga di akhirat.

Ya, Allah akan mempertemukan sepasang suami isteri yang sholeh di surga nanti. Bahkan bersama anak, cucu, dan keturunan mereka yang sholeh.

“(yaitu) syurga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;” (QS Ar-Ra’du : 23)

Dan bukankah seorang suami diamanahkan oleh Allah swt untuk menjaga isteri dan anaknya dari api neraka?

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS At-Tahrim : 6)

Sederhana saja, Rasulullah saw contohkan tindakan romantis itu seperti pada hadits berikut.

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalu melaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, ia memercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalu shalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Daud)

Dalam membangunkan pasangan agar sholat tahajud, Rasulullah saw tidak memerintahkan untuk bersikap keras dan kasar yang mengganggu nyenyaknya tidur. Tetapi dengan tindakan yang penuh canda. Dinginnya air yang terpercik ke muka membuat segar sehingga bisa mengurangi kantuk. Percikan air ke wajah membangunkan tidur dengan lembut. Akan lain kejadiannya bila pasangan itu mengguyurkan air, bukan memercikkan.

Inilah hal romantis yang didoakan Rasulullah saw agar pelakunya mendapat rahmat Allah saw. Dari tindakan kecil ini, bisa menjaga hubungan hingga bertemu di surga kelak. Insya Allah.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *