Mau Gunakan how-old.net, Sudah Sepakat dengan Hal Ini?

By on May 5, 2015
how old net

Biasanya menanyakan usia kepada orang lain dianggap tabu. Tetapi dengan aplikasi how-old.net, ngomongin usia malah jadi seru-seruan.

Netizen bisa mengunggah foto pribadinya ke situs garapan Microsoft tersebut, lalu aplikasi how-old.net akan menebak berapa usia Anda. Jarang yang akurat. Kalau tebakan aplikasi itu lebih kecil, malah jadi ajang pamer di social media oleh pengunggah.

Saat menyodorkan aplikasi itu ke khalayak sebenarnya Microsoft sudah menyertakan Terms of Use. Tetapi, berapa banyak orang membaca term of use, term of agreement, atau apa pun namanya saat menggunakan aplikasi? Orang-orang masih menganggap membaca tulisan yang panjang itu sebagai sesuatu yang membosankan.

Padahal kalau Anda teliti, rupanya dalam term of use tersebut ada kesepakatan bahwa foto yang Anda unggah menjadi milik Microsoft.

“Dengan memposting, mengunggah, memasukkan, memberikan atau mengirimkan submisi Anda, berarti Anda memberikan hak kepada Microsoft dan perusahaan afiliasinya untuk menerima sublisensi yang dibutuhkan,” begitu bunyinya.

Rela kah Anda? Bayangkan kalau Anda memiliki sebuah foto yang unik dan keren, lalu tiba-tiba foto itu muncul dalam aplikasi Microsoft. Dan ruginya, Anda tak mendapat bayaran apa-apa setelah foto Anda dipakai untuk mencari uang oleh Microsoft. Padahal, uang yang didapat Microsoft lumayan besar lho.

Nah, masih mau seru-seruan? Oke aja asal fotonya boleh dipakai Microsoft.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *