Para Pengusaha yang Tak Lulus Kuliah Namun Sukses Menjadi Konglomerat

By on May 12, 2015
Bill Gates

Ada beberapa nama konglomerat sukses yang terkenal dan mereka tak menyelesaikan kuliahnya. Beberapa pihak ada yang menjadikan mereka inspirasi dan membuat anggapan bahwa kalau mau sukses justru tidak perlu kuliah. Tentu pandangan seperti ini salah.

Tentu tiap orang beda kapasitas. Mereka yang menjadi konglomerat itu memang punya karakter gigih dan cemerlang. Tidak tiap orang punya karakter seperti mereka. Alih-alih ketika memutuskan berhenti kuliah, kalau tidak punya mental sehebat mereka, malah menjadi pengangguran dan hidup menjadi lebih buruk.

Berikut ini nama mereka yang tak lulus kuliah namun menjadi sosok yang sukses.

1. Bill Gates

Orang terkaya di dunia rupanya tidak pernah lulus kuliah. Sempat mencicipi bangku Harvard University Ameriak Serikat, sayang Bill Gates mengalami drop out dari kuliahnya.

Dua tahun kemudian, ia mendirikan Microsoft bersama teman sejak kecilnya, Paul Allen. Dan rasanya semua orang tahu apa yang terjadi kemudian dengan perusahaan Microsoft itu.

2. Mark Zuckerberg

Ia adalah pendiri perusahaan Facebook. Perusahan yang tak lama ini telah mengakuisisi aplikasi chatting whatsapp.

Mirip dengan Bill Gates, Mark juga terkena drop-out dari Hardvard University. Menariknya, ia mengaku terinspirasi oleh Bill Gates.

3. Michael Dell

Lagi, orang yang terjun di dunia IT dan harus mengalami drop-out, namun kemudian menjadi sukses. Ia adalah pendiri dan CEO perusahaan Dell Computers. Semasa kuliah, ia mengambil jurusan Biologi di Universitas Texas. Namun jiwanya lebih suka dengan komputer.

Forbes menempatkannya pada urutan ke-41 orang terkaya di dunia pada tahun 2012. Perusahaannya pun, pada Desember 2014, memiliki nilai 22.4 milyar Dollar.

4. Lawrence Ellison

Ia adalah co-founder dan CEO Oracle, perusahaan perangkat lunak komputer. Ketika ibunya meninggal, Ellison harus meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign setelah sempat mengenyam pendidikan di sana selama dua tahun.

Dan kenyataannya, kini Ellison merupakan orang terkaya ketiga di Amerika Serikat.

5. Evan Williams

Beberapa start-up yang sukses ia kembangkan antara lain Blogger (kemudian dibeli oleh google), dan Twitter. Ia hanya sempat mengenyam pendidikan di Univeristas Nebraska di Lincoln dalam setahun. Kemudian ia mengejar karir di bidang sistem informasi.

6. Palmer Luckey

Yang terbaru adalah pengembang Oculus. Beberapa waktu lalu Facebook membeli perusahaan teknologi pembuat headset virtual reality ini. Dan Palmer Luckey, orang yang berada di balik kesuksesan Oculus, saat ini masih berumur 21 tahun.

Kini kekayaan Palmer telah mencapai sedikitnya 4 triliun uang tunai dan 23,1 juta lembar saham yang semuanya merupakan hasil dari penjualan Oculus ke Facebook.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *