Pentingnya Menjaga Kelenturan Tubuh

By on May 7, 2015
Kelenturan tubuh

Ketika tubuh jarang dibawa berolahraga, ketika rutinitas keseharian terpaku pada posisi statis (misalnya duduk di hadapan komputer), ketika asupan lemak yang tak terkendali bertumpuk di dalam tubuh membuat bentuk tubuh menjadi melar, maka dijamin kelenturan telah hilang dari tubuh Anda.

Padahal kelenturan tubuh sangat besar manfaatnya untuk menopang aktivitas dan gerak kita. Bisa dibayangkan, bila kondisi di atas ditemukan pada seorang warga yang mendapat undangan kerja bakti, akan terasa sekali ketidakluwesannya saat harus membungkuk, mengambil sampah yang berserak di tanah, mengangkat karung ke bak sampah, dll.

Kurangnya kelenturan tubuh bisa membuat tubuh mudah mengalami ketegangan otot, kram, atau terkilir. Karena itu, kelenturan tubuh tidak bisa disepelekan.

Latihan-latihan kelenturan tubuh cukup sederhana, meski juga tidak mudah dilakukan untuk yang belum terbiasa. Saat masih dibangku sekolah, dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, tentu kita diberi latihan seperti mencium lutut dalam posisi berdiri atau duduk, mencium lantai pada posisi duduk, sikap lilin, dll.

Latihan-latihan itu bisa diulangi lagi. Bahkan sesaat setelah bangun tidur pun kita bisa melakukan latihan-latihan ringan tersebut. Tetapi ingat, saat awal-awal melakukan latihan kelenturan, jangan terlalu dipaksakan karena khawatir menimbulkan cedera.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *