Siasati Tagihan TDL Dengan Berjualan Listrik ke PLN

By on May 6, 2015
solar cell di rumah

Harga TDL memang naik dengan cepat belakangan ini. Membuat cash flow rumah tangga terganggu. Tetapi akan ada terobosan dari PLN yang bisa menghemat pembayaran listrik rumah tangga.

Kedepannya, rumah konsumen bisa menjadi pembangkit listrik swasta (independent power producer/IPP) berskala mini yang akan menjual listrik ke PLN. Masyarakat boleh memasang pembangkit listrik sendiri yang kemudian dijual kepada PLN. Hasil penjualannya bisa mengurangi pembayaran listrik dalam sebulan, atau bahkan bisa untung bila tenaga listrik yang diproduksi lebih tinggi dari konsumsi.

“Kita sedang siapkan aturannya, mudah-mudahan tahun ini keluar. Jadi rumah-rumah masyarakat bisa menjual listrik ke PLN,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Rida Mulyana seperti dikutip detikFinance, Rabu (6/5/2015).

Dalam aturan tersebut, akan diatur bagaimana mekanisme penjualan ke PLN, berapa tarifnya dan sebagainya. “Termasuk tarifnya diatur nanti bagaimana,” ucapnya.

Rida menjelaskan soal konsep jual-listrik ke PLN. Jadi rumah-rumah warga yang atapnya dipasang solar cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), jaringan kabelnya juga masuk ke jaringan listrik milik PLN.

“Jadi konsepnya jual-beli listrik sama PLN, istilahnya ekspor-impor. Saat siang hari kan konsumsi listrik di rumah turun tapi solar cell menghasilkan listrik. Nah listriknya dijual ke PLN, tapi saat malam hari kebutuhan listrik naik kan solar cell-nya tidak menghasilkan listrik, karena nggak ada matahari, sehingga giliran pemilik rumahnya beli listrik ke PLN,” jelasnya.

“Manfaatnya tagihan listrik berkurang signifikan, karena dipotong penjualan listrik ke PLN, pasti menguntungkan masyarakat, PLN dan negara,” tutupnya.

Ketika solar cell sedang berproduksi pada siang hari, alat ini bisa menambah pulsa PLN, dengan catatan produksi solar cell pada siang hari lebih besar dari penggunaan listrik di dalam rumah. Kemudian pada malam hari konsumen tinggal menikmati tabungan pulsa listrik tersebut.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *