Program Ramadhan Bersama Keluarga

By on Jun 15, 2015
sholat bersama keluarga

Keluarga yang muslim adalah sebuah layer (lapisan) dalam jenjang pembentuk peradaban Islam. Dari keluarga yang islami, diharapkan hadir anggota keluarga yang memiliki akhlak yang kokoh dan pribadi yang memiliki kontribusi kepada dunia Islam.

Karena itu tarbiyah Islamiyah (pembinaan Islam) dalam keluarga harus menjadi perhatian yang utama bagi setiap anggota keluarga, orang tua, dan terutama kepala keluarga.

Ramadhan adalah bulan pembinaan. Di bulan ini, umat Islam ditempa ruhiyahnya sehingga menjadi pribadi-pribadi muttaqin. Di bulan tarbiyah ini, harus dirancang sedemikian rupa aktivitas buat anggota keluarga agar memberi hasil yang diharapkan Allah dalam QS Al-Baqoroh 183, yaitu taqwa.

Berikut ini adalah amalan-amalan yang direkomendasikan:

1. Interaksi Keluarga Dengan Al-Qur’an

Tadarus qur’an bersama adalah aktivitas yang bisa menghangatkan hubungan antara anggota keluarga. Luangkan waktu khusus untuk tadarus bersama. Misalnya setelah tarawih, atau setelah subuh. Dengan cara itu, sesame anggota keluarga bisa saling memperbaiki bacaan Qur’an. Juga buat target khusus dalam sekali tadarus misalnya satu juz.

2. Sahur Bersama

Makan sahur bukanlah aktivitas persiapan puasa semata tanpa menghadirkan pahala. Justru makan sahur menghadirkan keberkahan. Bila dilakukan bersama keluarga, makan sahur bisa memperkuat keakraban. Mungkin tak bisa tiap hari anggota keluarga berkumpul untuk buka bersama, karena seringkali saat masuk waktu berbuka ada anggota keluarga yang masih berada di luar. Terutama sang kepala keluarga yang mencari nafkah. Karena itu makan sahur merupakan momen yang sangat berharga.

“Bersahurlah kamu semua karena sesungguhnya pada waktu makan sahur itu terdapat keberkatan.” (HR Bukhari-Muslim)

3. Sholat Sunnah Berjamaah

Idealnya memang saat Ramadhan ini tiap anggota keluarga harus didekatkan dengan masjid. Tapi bukan berarti tidak ada amalan yang bisa dilakukan bersama di rumah. Bahkan sholat sunnah.

Untuk sholat wajib, khususnya kaum laki-laki, adalah lebih utama dilakukan di masjid. Tapi memanfaatkan mustajabnya waktu sahur bisa dilakukan dengan sholat sunnah bersama di 1/3 akhir malam sebelum makan sahur.

4. Taushiyah Menjelang Berbuka

Bila ada kesempatan untuk berbuka bersama dengan dihadiri mayoritas anggota keluarga, program taushiyah menjelang berbuka sangat direkomendasikan untuk dilakukan. Karena aktivitas ini selain bisa menambah ilmu dan ajang muhasabah, juga mendidik anggota keluarga untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar.

5. Memasak Bersama Untuk Memberi Ifthar Orang Lain

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR Tarmidzi)

Sering ada masjid yang menugaskan jamaahnya secara bergilir untuk menyediakan makanan berbuka di masjid. Ini adalah kesempatan mendulang pahala. Persiapkan makanan berbuka untuk diantarkan ke masjid bersama anggota keluarga. Aktivitas dari membeli bahan makanan hingga memasak bersama akan terasa nikmat dilakukan.

Atau tak ada salahnya berinisiatif untuk memberi makanan berbuka untuk tetangga, yayasan yatim piatu, atau untuk dibagikan ke pengguna jalan.

6. Bersedekah

Tak ada salahnya kepala keluarga menargetkan jumlah infak yang harus dikeluarkan di bulan ini. Baik target pribadi, maupun target bersama. Lalu tiap anggota keluarga diajak untuk berlomba-lomba memenuhi target itu.

Secara teknis, dituntut kreativitas kepala keluarga. Intinya, di bulan ini anggota keluarga harus dilatih untuk menjadi dermawan.

7. I’tikaf Keluarga

I’tikaf adalah amalan utama dalam Ramadhan yang tak boleh dilewatkan oleh umat Islam. I’tikaf bersama keluarga menjadi menyenangkan, dengan syarat jangan sampai menjadi kontraproduktif karena jadi kebanyakan ngobrol.

Di atas hanyalah beberapa poin saran apa yang bisa dilakukan bersama keluarga di bulan Ramadhan. Sekali lagi, kreativitas anggota keluarga sangat dituntut untuk memaksimalkan bulan tarbiyah ini.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *