Tiga Puluh Ribuan Buruh Akan Padati Bunderan HI – Istana Merdeka Besok

By on Aug 31, 2015
Demo Buruh

Demonstrasi buruh besar-besaran akan kembali berlangsung di Jakarta, khususnya di sekitar wilayah bunderan Hotel Indonesia (HI) hingga Istana Merdeka, besok Selasa (1 September 2015).

Dari surat ber-kop Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang beredar, unjuk rasa yang digelar dari pukul 08.00 hingga 18.00 itu menargetkan massa sekitar 34 ribu orang. Aksi dimulai dengan berkumpul di Bunderan HI terlebih dahulu, lalu long march ke Istana Negara RI. Isu yang diusung adalah jaminan pensiun, Pengadilan Hubungan Industrial, Tolak upah murah, dan revisi aturan K3.

Massa akan datang dari wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat (Banjabar). Peserta aksi dari FSPMI diperkirakan akan hadir sebanyak 20.000 orang, dari SPN sebanyak 5.000 orang, FSP KEP 4.000 orang, ASPEK Ind 3.000 orang, FSP Farkes 1.000 orang, PGRI 500 orang, FSP PPMI 200 orang, FSP Par Ref 200 orang, dan FSP ISI 200 orang.

Sedangkan buruh di luar Banjabar diserukan untuk menyelenggarakan aksinya di kantor Gubernur/Bupati/Walikota setempat yang berafiliasi dengan KSPI.

Pihak kepolisian melalui Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal menerangkan bahwa akan ada pengalihan jalan untuk para pengendara yang melintas di depan Istana Merdeka.

“Akan ada 8.000 lebih kekuatan personel, baik untuk jaga lalu lintas maupun personel pemantauan langsung bersama teman korlap (koordinator lapangan)untuk menjaga aksi tetap damai,” ucapnya seperti dikutip Kompas.com, Jumat (28 Agustus 2015) lalu.

About Redaksi Muslim Politan

Muslimpolitan adalah portal muslim perkotaan. Menghadirkan tulisan-tulisan islami, berita, serta feature dengan segmen masyarakat perkotaan. Fanspage: www.facebook.com/muslimpolitan Twitter: www.twitter.com/muslimpolitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *